Hj. Andi Tenri Gau

KENDARIPOS.CO.ID– Sejumlah aparat desa di Kabupaten Kolaka, mengeluh karena sudah beberapa bulan mereka belum menerima gaji. Penyebabnya, anggaran alokasi dana desa (ADD) yang digunakan untuk membayar gaji aparat desa belum dicairkan. “Untuk tahun 2021 ini, ADD triwulan III belum dicairkan. Jadi, gaji kami sejak Juli hingga September tak dibayarkan,” keluh salah satu aparat desa, Senin (15/11).

Aparat desa yang bertugas di Kecamatan Wundulako tersebut juga mengeluhkan sikap Pemerintah Kabupaten Kolaka, khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Menurutnya, proses pencairan yang dilakukan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) terlalu lama. “Berkas sudah kami masukkan sejak empat pekan lalu, tapi sampai sekarang juga belum dicairkan.

Hanya sebagian desa saja yang dibayarkan. Padahal kami juga sangat membutuhkan ADD tersebut untuk memenuhi kebutuhan kami sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKAD Kolaka, Hj. Andi Tenri Gau, yang dikonfirmasi, membenarkan jika ADD beberapa desa belum dibayarkan. Namun, ia optimis ADD triwulan III tersebut akan segera dicairkan dalam waktu dekat. “Sudah sementara diproses. Insya Allah minggu depan sudah cair,” janjinya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan