RUDI MUSU/KENDARI POS
TES TAMBAHAN : Ketua Timsel Pilkades Konkep, Jamhur Umirlan (depan, tengah) bersama anggotanya saat melakukan seleksi tambahan pada enam bakal calon Kades dari Roko-Roko, Kecamatan Wawonii Tenggara, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID– Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar seleksi tambahan bagi bakal calon yang jumlah lebih dari lima orang. Tes tersebut digelar di aula Kantor Bupati Konkep, Kamis (11/11).

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Pilkades, Jamhur Umirlan, menjelaskan, seleksi tambahan tersebut digelar karena ada satu desa terdapat enam bakal calon Kades. Sebab dalam peraturan bupati (Perbup), kandidat Kades maksimal lima orang.
“Karena Desa Roko-Roko terdapat enam bakal calon yang memenuhi administrasi, makanya kita adakan seleksi tambahan untuk menilai, kemudian memilih lima orang untuk nantinya ditetapkan sebagai calon Kades,” papar Jamhur Umirlan.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Konkep tersebut mengaku, tes tambahan secara tertulis dilaksanakan berdasarkan Perbup nomor 20 tahun 2021 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa. “Dalam pasal 34 ayat 1 mengatakan, apabila bakal calon Kades berdasarkan hasil penelitian persyaratan administrasi mencapai jumlah lebih dari lima orang pendaftar yang memenuhi persyaratan, maka panitia PPKD tingkat kabupaten akan melaksanakan seleksi tambahan,” ulangnya, menegaskan.

Dalam seleksi tambahan ada lima kriteria penilaian Timsel. Mulai dari pengalaman bertugas di organisasi pemerintahan, lembaga kemasyarakatan di desa. Kemudian tingkat pendidikan, faktor usia, domisili dan kemampuan serta pengetahuan umum (tes tertulis). “Sementara untuk pengumuman hasil seleksi tambahan ini diumumkan paling lambat tiga hari dan terhitung mulai waktu pelaksanaan tes hari ini. Semoga saja, tidak ada hambatan kedepannya. Sehingga hasilnya bisa cepat kita sampaikan,” tandasnya. (c/rud)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.