KENDARIPOS.CO.ID — Penyusunan rancangan draft Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sultra tahun 2022 sudah hampir final. Jika tak ada aral, rancangan kebijakan dan program kerja Pemprov Sultra akan diserahkan ke parlemen pekan depan.

“Sekarang sementara penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kalau sudah rampung, kita akan sampaikan ke DPRD untuk pembahasan KUA-PPAS,” beber Basiran, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra kemarin.

Proses penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD akan dipercepat. Pasalnya, pembahasannya memang agak terlambat. Kendati demikian, penyusunannya tetap mengacu pada ketentuan dan arah kebijakan pemerintah. “Nanti, kita akan percepat perampungannya sebab semuanya by sistem. Kita targetkan pekan depan sudah diserahkan ke dewan,” imbuhnya.

BASIRAN

Berapa besar proyeksi pendapatan dan belanja kata dia, baru akan terlihat setelah penyusunan KUA-PPAS rampung. Untuk itulah, OPD diminta segera menyerahkan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)-nya. Apalagi agenda pembahasan DPRD Sultra akhir tahun ini cukup padat. “Jangan sampai terlambat, karena kita pasti kesulitan,” ujarnya. (c/kam)