Hj Siti Saleha


KENDARIPOS.CO.ID– Pandemi covid-19 di Sultra sudah semakin terkendali. Tak heran, Pemprov Sultra kian getol mendorong kebangkitan ekonomi termasuk pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tidak hanya memberikan stimulus, Pemprov turut melakukan pendampingan dan pembinaan.

“Kami secara intens terus genjot pelaku UMKM supaya bangkit kembali. Selama pembatasan sosial, geliat pertumbuhan ekonomi juga menurun. Namun kini harus kembali bangkit,” kata Hj Siti Saleha, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra ditemu di sela-sela pembahasan KUA-PPAS di gedung DPRD Sultra kemarin.

Selain pendampingan dan pembinaan, pihaknya getol melakukan pelatihan terhadap penggiat Industri Kecil Menengah (IKM) untuk bisa menjadi eksportir.

“Kita berupaya bisa menjangkau semua sektor usaha. Terutama dari segi produksi dan kemasan yang dihasilkan agar bisa menjadi eksportir,” ungkapnya. Upaya ini lanjutnya, bagian dari upaya Pemprov mendorong pemulihan ekonomi dan membuka peluang bagi masyarakat bisa memulai usaha baru, baik melalui IKM maupun usaha mikro lainnya. Keberadaan IKM sangat berkontribusi pada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB). “Beberapa usaha IKM sudah melakukan ekspor seperti di bidang pertanian, ada kelapa dan lada. Dari segi perikanan, ikan tuna, cakalang dan gurita,” imbuhnya.

Mantan Pj Bupati Bombana ini berharap pandemi covid cepat berlalu. Untuk mewujudkan hal itu, masyarakat harus mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dengan bangkitnya UMKM, berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. Demikian halnya dengan konsumsi masyarakat dan rumah tangga. Kalau semuanya pulih, investasi dan belanja pembangunan bisa kembali normal,” harapnya. (c/kam)

Tinggalkan Balasan