ilustrasi

Tes SKB Digelar Hari Ini

KENDARIPOS.CO.ID– Tinggal satu tahapan lagi, para peserta seleksi akan menyandang status Calon Aparatur Sipil Negara (ASN). Hari ini, para pemburu Nomor Induk Pegawai (NIP) akan kembali diuji kemampuan di tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sesuai jadwal, tes akan berlangsung selama dua hari atau mulai tanggal 15-16 November.
“Sebanyak 179 peserta berhak mengikuti tes SKB yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni 15 – 16 November.

Tes SKB dibagi empat sesi per hari,” beber Abdul Salam Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari kemarin.

Pelaksanaan SKB sudah diatur dalam Surat Keputusan Panselda nomor 11/PANSELDA-KDI/XI/2021 tentang jadwal dan tata tertib SKB CASN lingkup Pemkot Kendari. Dalam surat tersebut sudah diatur tentang waktu dan prosedur seleksi. Regulasi tersebut untuk mendukung kelancaran proses seleksi sekaligus untuk melindungi peserta dari penularan Covid. Berdasarkan aturan, pelaksanaan SKB dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.
“Sebelum ujian, setiap peserta diminta menunjukkan hasil negatif Swab Test PCR (Polymerase Chain Reaction) maksimal 2 x 24 jam dan Rapid Test Antigen maksimal 1 x 24 jam. Harus non reaktif yang pelaksanaannya (PCR/Antigen) H-1 sebelum jadwal masing-masing peserta,” kata Abdul Salam, kemarin.

Selain itu, peserta diminta menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker di bagian luar (Double Masker). “Peserta juga wajib mengisi formulir deklarasi sehat yang disediakan pada akun SSCASN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) paling lambat H-1 sebelum ujian,” ungkap Abdul Salam.

Jika menjelang pelaksanaannya ada peserta yang terkonfirmasi positif Covid, Abdul Salam menyarankan peserta untuk segera melaporkan diri kepada panitia paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan seleksi atau menghubungi Call Center 082290165659 untuk dilakukan penjadwalan ulang seleksi.

Terpisah, Ketua Panselda CASN Kota Kendari, Nahwa Umar mengimbau seluruh peserta untuk mempersiapkan diri jelang tes SKB. Itu penting dilakukan agar peserta tidak kesulitan saat mengisi soal ujian. Selain itu, mantan Kepala Bapenda Kendari ini meminta peserta untuk tidak mudah percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan CASN. Sebab, kelulusan hanya ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi peserta.
“Jangan percaya calo. Kalau ada yang minta-minta uang dan menjanjilan kelulusan itu sudah jelas penipu. Jika ada yang dapat tawaran segera laporkan ke kami atau ke polisi supaya kita tindak,” tegas Nahwa. (b/ags)

Tinggalkan Balasan