Pemkot Gencarkan Pekan Seribu Lansia

KENDARIPOS.CO.ID — Masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam mencegah Covid di tanah air masih berlanjut hingga 8 November 2021. Kota Kendari masih berada pada level 2 PPKM. Meski pandemi Covid di Kendari masuk kategori terkendali, tak membuat Pemkot berpuas diri. Pemkot bekerja keras agar PPKM turun level.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, PPKM bisa turun kelevel 1 jika herd immunity minimal 70 persen bisa tercapai. Bukan hanya itu, khusus vaksinasi lansia cakupannya minimal 60 persen.

“Saat ini kita masih fokus untuk mencapainya. Olehnya itu saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) gencarkan program vaksinasi massal. Menghadirkan pekan vaksinasi khususnya menyasar para lansia kita. Menyasar mereka yang rentan terpapar Covid-19,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) bersama Forkopimda Kota Kendari saat memantau pelaksanaan skrining massal dalam rangka memutus penyebaran covid. AGUS SETIAWAN / KENDARI POS

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg.Rahminingrum mengatakan, pekan seribu lansia merupakan upaya dari pemkot dalam mengakselerasi program vaksinasi agar Kota Kendari segera terbebas dari pandemi Covid-19. Sasaran program ini adalah para lansia di Kota Kendari yang belum menerima vaksin. “Jadi vaksinasi massal khusus lansia ini kami akan gelar selama sepekan mulai 1 November sampai 6 November 2021. Lokasinya di pelataran Kantor Dinkes Kota Kendari,” kata drg.Rahminingrum.

Lanjut dia, pekan seribu lansia menjadi kesempatan bagi masyarakat yang masih memiliki lansia untuk mendapatkan vaksin. Pasalnya pihaknya telah menyiapkan sekira seribu dosis vaksin untuk lansia.

“Kami sarankan bagi masyarakat yang masih memiliki lansia agar sebaiknya dibawah ke Dinas Kesehatan untuk mendapatkan vaksin. Syaratnya cukup bawa e-KTP atau surat keterangan yang melampirkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) lansia,” kata drg.Rahminingrum.

Ia tak menampik jika program ini dilaksanakan karena cakupan vaksinasi lansia belum maksimal. Saat ini cakupannya baru mencapai 56,63 persen atau baru sekitar 9.650 dari 17.040 sasaran yang mendapatkan vaksin.

“Kami optimistis dalam sepekan ini dapat mengejar target yang diharapkan pemerintah agar herd immunity 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen bisa kita capai sehingga PPKM bisa turun ke level satu,” jelas drg.Rahminingrum.

Sekedar informasi, cakupan vaksinasi di Kota Kendari mencapai 62,97 persen atau sekira 166.970 dari 265.147 sasaran telah mendapatkan vaksin. Rinciannya, tenaga kesehatan (Nakes) 5.605 orang (135.03 persen), pelayanan publik 44.100 (116,64 persen), lansia 9.650 (56,63 persen), masyarakat umum dan rentan 80.975 (47,52 persen), remaja 26.640 (74,54 persen), dan vaksin gotong royong 368 orang. (ags/b)

Optimistis dalam Sepekan Dapat Mengejar Target