DISKOMINFO BUTENG FOR KENDARI POS
Bupati Buteng, H Samahuddin (tengah, pakai peci) di dampingi jajarannya saat memantau pengerjaan pelabuhan feri Tolandona di Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah.

–Penopang Ekonomi Buteng
KENDARIPOS.CO.ID–Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin sangat memahami betapa krusialnya infrastruktur bagi masyarakat. Oleh karena itu, di penghujung masa kepemimpinannya yang tersisa enam bulan lagi, ia mendorong agar pembangunan sejumlah infrastruktur yang telah dicanangkan segera dituntaskan.

Salah satu proyek strategis itu adalah pembangunan pelabuhan feri Tolandona di Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah. Pengerjaan pelabuhan yang akan menghubungkan Tolandona dengan Kota Baubau itu ditargetkan segera rampung pada akhir tahun ini. Untuk memastikan proses pengerjaan berjalan sesuai yang diharapkan, Samahuddin kerap bolak balik memantau di lapangan.

“Saya lihat para pekerja sudah memasang tiang dan tinggal pengecoran. Pelataran juga sudah selesai dikerjakan. Mudah-mudahan Desember nanti bisa rampung,” ujar Samahuddin kepada Kendari Pos, Rabu (3/11).

Menurutnya, kehadiran pelabuhan tersebut akan semakin memudahkan lalu lintas orang dan barang. Lebih dari itu, dengan dibangunnya jalur lalu lintas laut Tolandona-Baubau, akan memberikan prospek yang positif bagi perekonomian daerah. Eksistensi pelabuhan feri Tolandona menopang ekonomi, sebab saat ini mobilitas masyarakat semakin tinggi. Buteng perlahan telah menjelma menjadi daerah dengan aktivitas yang sibuk. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya.

“Kita punya pelabuhan di Wamengkoli. Tidak ada masalah. Wamengkoli saya punya masyarakat, Tolandona juga. Makin banyak pelabuhan feri, masyarakat akan semakin sejahtera karena perputaran ekonomi semakin baik. Kita ini bukan lagi kecamatan melainkan kabupaten. Insya Allah semakin hari masyarakat semakin berkembang,” terangnya.

Sosok pria yang senang tampil apa adanya ini berjanji akan terus mengebut penuntasan proyek-proyek pembangunan yang masih dalam proses pengerjaan. Di antaranya yaitu pembangunan tugu religi simpang lima Labungkari, pelabuhan penyeberangan di Kecamatan Talaga Raya, dan lainnya.

“Sekarang ini akhir tahun jadi harus dikejar untuk penyerapan anggaran. Adapun Tolandona, saya belum bisa pastikan progres pengerjaannya sudah berapa persen. Kita berharap bisa selesai Desember ini,” tandasnya.

Pengerjaan pelabuhan feri Tolandona dimulai sejak April 2021 dengan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk tahap pertama. Proses pembangunan ini telah banyak menyerap tenaga kerja lokal. Untuk tahap kedua, Pemkab Buteng telah mengusulkan anggaran sebesar Rp25 miliar. (uli/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.