Guru dan siswi SMA 2 parigi usai berhasil menerbitkan buku pada program gerakan sekolah menulis buku yang digelar Nyalanesia

KENDARIPOS.CO.ID– SMA Negeri 2 Parigi, Kabupaten Muna mengembangkan budaya literasi. Sekolah itu sukses meraih prestasi pertama, setelah menerbitkan buku berjudul “Cinta dan Kesetiaan” pada gerakan sekolah menulis buku yang digelar Nyalanesia.

Kepala SMAN 2 Parigi, La Koma mengatakan, buku yang berhasil diterbitkan tersebut terdiri dari kumpulan cerpen dan puisi yang ditulis oleh lima orang guru dan 50 siswa. Sebelum diterbitkan, karya tulis itu lebih dulu diverifikasi oleh tim Nyalanesia untuk mengukur kelayakan tulisan.

“Alhamdulillah lulus verifikasi dan bukunya sudah terbit. Kami sudah terima bukunya sejumlah 55 eksemplar dan akan menjadi koleksi perpustakaan sekolah,” terangnya.

La Koma mengatakan, gerakan sekolah menulis buku nasional merupakan wadah yang disiapkan bagi siswa dan guru yang punya keinginan menulis buku namun masih terbatas sarana dan informasi.
Lewat program yang dilaksanakan Nyalanesia itu, SMA 2 Parigi mengirimkan 55 tulisan berupa cerpen dan puisi. Tulisan itu merupakan karya otentik dari siswa dan guru yang dibimbing oleh mentor yang lebih dulu mengikuti pelatihan keterampilan menulis.

“Sekolah memberi kesempatan yang sama kepada semua guru dan siswa untuk mengirim tulisan. Tetapi hanya ada 55 tulisan yang dianggap layak dan dikirim ke pusat,” terangnya.

Buku itu akan menjadi nominasi dalam acara Adi Acarya Award tahun 23 Maret 2022 mendatang. Adi Acrya Award itu ialah kegiatan penganugerahan penghargaan bagi akademisi yang produktif menghasilkan karya tulis. Selain sukses menerbitkan buku, La Koma saat ini juga sedang menunggu hasil verifikasi atas karya buku hasil tulisannya sendiri.

“Sekolah berkomitmen mendorong budaya literasi kepada siswa dan guru agar lahir penulis andal dari daerah,” pungkasnya. (ode/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.