Kepala BKPSDM Muna, Sukarman Loke

KENDARIPIOS.CO.ID– Pelaksanaan seleksi jabatan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna hingga kini belum dimulai. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta agar tim asessor dari Universitas Negeri Makassar (UNM) diganti karena belum memenuhi syarat.

Kepala Bidang Mutasi, Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kabupaten Muna, Budiman Syawal menerangkan, UNM gagal menjadi tim asessor dalam lelang jabatan Sekab Muna karena terganjal syarat akreditasi lembaga kampus. Sebab dalam ketentuannya, lembaga asal tim asessor untuk jabatan tinggi pratama harus terakreditasi A. “Masalahnya akreditasi UNM hanya B, padahal syaratnya harus A,” jelasnya.

Ia melanjutkan, Pemkab Muna langsung merespon permintaan KASN tersebut dengan menggati tim asessor dengan meminta langsung kesediaan tim dari KASN sendiri. Penggantian tim asessor itu ikut memengaruhi waktu pelaksanaan lelang jabatan. “Kita minta BKN langsung untuk asessor,” paparnya.

Kepala BKPSDM Muna, Sukarman Loke menerangkan, pelaksanaan lelang jabatan tetap akan dilaksanakan tahun ini. Bahkan dalam waktu dekat pendaftaran lelang jabatan akan segera dibuka. Hal itu berdasarkan hasil
konsultasi dengan KASN terkait izin pelaksanaaan seleksi. Pemkab tinggal menyiapkan rancangan tim seleksi.
“Tinggal izin saja, tetapi sebenarnya KASN sudah meminta kita untuk membuat persyaratannya,” ujarnya.

Rancangan persyaratan itu, lanjutnya, akan dikoordinasikan dengan Sekprov Sultra, Nur Endang Abbas yang juga akan menjadi ketua tim Pansel nantinya. Begitu izin pelaksanaan diterbitkan KASN, persyaratan dan pendaftaran akan diumumkan. “Prinsipnya dalam waktu dekat dan tidak akan menyeberang tahun,” pungkasnya. (Ode/b)