KENDARIPOS.CO.ID — Anggota DPD RI Andi Nirwana Sebbu mendorong perempuan menjadi agen sosialisasi penananaman nilai-nilai empat pilar MPR di lingkungan keluarga. Terlebih lagi, sosok ibu merupakan role model dalam sebuah keluarga. “Perempuan diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif kepada keluarga dan lingkungnya. Tentunya dengan mengamalkan dan menyebaran nilai-nilai empat pilar kebangsaan,” ungkap Andi Nirwana Sebbu saat melakukan sosialiisaasi empat pilar MPR RI kepada Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan, Kabupaten Bombana, di Gedung Tanduale, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Jumat (12/11).

Anggota DPD RI, Andi Nirwana Sebbu (tengah) saat memberikan sosialiasi empat pilar demokrasi.

Menurutnya, peran ibu di masyarakat dan keluarga sangat penting. Untuk itu, penanaman nilai-nilai empat konsensus kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bihneka Tunggal Ika merupakan, suatu hal yang harus dipahami. Terlebih lagi, empat pilar ini mengandung nilai keagamaan, kehidupan, demokrasi, hingga nilai keadilan. “Dalam proses penanaman nilai ini, peran perempuan sebagai tiang keluarga sangat signifikan. Sebagai tiang keluarga, tentu kaum ibu merupakan pembawa pesan dan pemberi contoh yang baik bagi keluarganya masingmasing,” ungkap istri H. Tafdil, Bupati Bombana itu.

Anggota DPD RI, Andi Nirwana Sebbu saat memberikan sosialiasi empat pilar demokrasi kepada
puluhan kaum ibu sekaligus anggota tim penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan, Kabupaten Bombana. (MASLINDAH/KENDARI POS)

Kata Nirwana, seorang ibu yang memahami nilai-nilai empat pilar, harusnya diajarkan dan ditularkan kepada anak-anaknya, anggota keluarga, bahkan masyarakat sekitar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetiik dalam nilai-nilai empat pilar ini untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, mengajarkan kepada anggota keluarga untuk membuang sampah pada tempatnya, saling menghargai perbedaan pandangan maupun pendapat, saling menghormati perbedaan keyakinan, saling peduli dan berempati terhadap sesama dan berbagai nilai-nilai luhur lainya,” imbuhnya.

Ia berharap nilai-nilai empat pilar ini, tidak hanya dipahami saja. Namun juga bisa diamalkan secara nyata dalam kehidupan sosial. (idh/c)

Tinggalkan Balasan