KENDARIPOS.CO.ID — Potensi wisata Kota Kendari harus menasional dan mendunia. Misi mulia itu kini ada dipundak generasi milenial pilihan yang tergabung dalam Anandonia Luale 2021. Tak hanya punya tampang menarik, mereka juga smart dan karib dengan teknologi zaman kiwari (pada masa kini). Dengan bekal itu, para Anandonia Luale konsisten mempromosikan potensi wisata dan pembangunan di Kota Kendari.

Untuk menebalkan pengetahuan, duta wisata Anandonia Luale berkunjung di Harian Kendari Pos. Mereka banyak mendapat suplemen pengetahuan dan saran dari Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi, Kamis (18/11) kemarin.

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin mengatakan, dalam membumikan potensi pariwisata dan budaya, memerlukan ilmu pengetahuan yang luas. Kuncinya, melalui belajar berbasis gradual secara berkesinambungan. Dengan belajar, akan merangsang keterampilan dan melahirkan inovasi. Muaranya, pada Anandonia dan Luale dapat menelurkan karya menarik dan berkontribusi besar menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara.

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (tujuh dari kanan), Kabid Pemasaran Wisata Disbudpar Kota Kendari, Muhammad Rafiuddin (tujuh dari kiri), Kepala Seksi Promosi Kebudayaan Daerah Disbudpar Kota Kendari Wa Ode Maria, SE (tengah) bersama para Anandonia Luale di studio News Cafe Kendari Pos Channel, Graha Pena, Kamis (18/11). MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

“Di era teknologi digital ini, kita dituntut berinovasi dan kreatif. Salah satunya bisa memanfaatkan media digital. Apalagi sebagai duta wisata dan budaya, harus bisa memberikan sajian karya yang dapat menarik simpati wisatawan. Poin pentingnya, sejauh mana tingkat konsistensi belajar mengasah skill, agar dari waktu ke waktu menelurkan banyak karya-karya konstruktif demi menstimulasi kunjugan wisatawan ke Kendari,” kata Dirut Irwan Zainudin didampingi Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi saat menerima rombongan Duta Wisata Anandonia Luale di Graha Pena Kendari Pos, Kamis kemarin.

Dirut Irwan Zainudin berpesan agar duta wisata Anandonia Luale Kendari tidak menjadi generasi instan. Maknanya, jangan bertumpu atau hanya mengandalkan media sosial. Harus bisa mengasah intelektual secara terus menerus.

“Kita harus jujur, kebanyakan generasi milenial malas membaca. Padahal, manfaat membaca sangat penting untuk meluaskan cakrawala berpikir dan menajamkan wawasan. Tanpa belajar, sulit berinovasi atau melahirkan ide-ide cemerlang untuk mengembangkan diri,” urai Dirut Irwan Zainuddin.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kendari, Muhammad Rafiuddin menyampaikan, duta wisata Anandonia Luale, bukan saja berperan mempromosikan budaya dan potensi wisata Kota Kendari. Walakin, ada tugas lebih luas yang mereka emban. Salah satunya mempromosikan hasil pembangunan Pemkot Kendari dalam kepemimpinan Wali Kota Sulkarnain Kadir dan Wakil Wali Kota Kendari, Siksa Karina Imran.

“Melalui kunjungan di Harian Kendari Pos ini, kami berharap terjalin sinergi yang berkelanjutan. Sehingga apa yang dilakukan oleh duta wisata Anandonia Luale, bisa diekspos dengan konvergensi media yang dimiliki Kendari Pos,” kata Muhammad Rafiuddin.

Para duta wisata Anandonia Luale Kendari, kata Rafiuddin, dibekali berbagai pengetahuan tentang pariwisata dan pembangunan Kota Kendari. Termasuk yang paling utama adalah etika, kepribadian, keterampilan, dan penampilan. “Semua itu untuk menunjang kerja mereka dalam mempromosikan wisata, budaya dan perkembangan pembangunan di kota Kendari,” pungkasnya.

Salah satu duta wisata Anandonia Luale Kendari, Anna Amatulah menuturkan, banyak cara yang bisa ditempuh untuk mempromosikan wisata, budaya maupun perkembangan pembangunan di kota Kendari. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial, instagram, facebook, maupun youtube.

“Tentunya diawali dengan pemahaman tentang semua potensi yang ada di Kota Kendari. Setelah itu, menciptakan karya yang menarik dan diekspos melalui media sosial. Yang intinya untuk memengaruhi publik khususnya wisatawan agar datang mengunjungi spot wisata yang di kota Kendari,” kata Anna Amatulah. (ali/b)

Anandonia Luale Dibekali Pengetahuan Pariwisata dan Pembangunan

Tinggalkan Balasan