-Hari Ini, 126 Sekolah Gladi Bersih


KENDARIPOS.CO.ID — Asesmen Nasional (AN) resmi menggantikan Ujian Nasional (UN) sebagai parameter mutu pendidikan ditanah air. Di Kendari, AN sudah dilaksanakan pada tingkat SMP. Sementara pada tingkat SD, asesmen baru akan dilaksanakan mulai 11 November mendatang. Sebagai bentuk persiapan, ratusan SD bakal menggelar simulasi dan gladi bersih AN mulai hari ini.

Kabid Pendidikan Dasar (Diksar) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Muchdar Alimin mengatakan simulasi penting dilakukan agar para murid bisa memahami tugasnya saat mengikuti asesmen yang akan dilaksanakan secara daring (online).

“Pada asesmen nanti, siswa akan di asesemen kompetensi minimum (AKM)-nya, disurvei karakternya dan disurvei lingkungan belajarnya. Jadi, siswa kita dampingi agar bisa dan siap menghadapi asesmen nasional tahun ini,” kata Muchdar kemarin.

Pada tingkat SD kata Muchdar, pesertanya adalah murid kelas V berjumlah sebanyak 3.780 anak. Mereka dipilih secara acak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Muchdar mencontohkan pada sesi tanya jawab AKM murid akan diuji kemampuan literasi (membaca) serta numerasi (berhitung) masing-masing 30 soal.

“Itulah mengapa kami lakukan simulasi agar siswa benar-benar siap mengikuti asesmen ini. Tidak hanya siswa, guru juga ikut dalam simulasi. Sebab, bukan hanya guru yang diasesmen. Melainkan juga guru itu sendiri,” kata Muchdar. (b/ags)

AN Tingkat SD
-Diikuti 126 Sekolah
-Sebanyak 3.780 Peserta
-Murid Kelas V
-Peserta Dipilih Secara Acak melalui Dapodik
-Digelar 11 November 2021

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.