ADI HIDAYAT / KENDARI POS
Bupati Konawe Kery S.Konggoasa akan memoles wajah Ibu Kota Kabupaten Konawe, Unaaha. Sebagai langkah awal, revitalisasi akan di mulai di pusat ibu kota yakni di kawasan perkantoran Pemkab Konawe.

–Bupati Konawe Kery S.Konggoasa Memoles Wajah Ibu Kota Konawe–

KENDARIPOS.CO.ID– Provinsi Sultra ditetapkan menjadi daerah otonom tingkat I berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 2 tahun 1964. Kala itu, ibu kota Provinsi Sultra di Kabupaten Kendari. Pasca menjadi kota madya, bekas wilayah ibu kota Provinsi Sultra tersebut dibentuk menjadi Kabupaten Konawe. Sekian puluh tahun pasca mekar, wajah Unaaha yang menjadi ibu kota kabupaten Konawe terus dipoles.

Kini dalam komando Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK), ibu kota Kabupaten Konawe, Unaaha akan dipoles sang Bupati Konawe dua periode itu. Tekad itu dibuktikan Bupati Kery dengan memasukkan program revitalisasi kota Unaaha ke dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Konawe 2018-2023.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, revitalisasi kota Unaaha merupakan upaya pemerintah kabupaten (pemkab) menghidupkan kembali kawasan kota dengan berbagai potensi lokal yang ada. Lewat program revitalisasi tersebut, mantan Ketua DPRD Konawe itu menargetkan wajah ibu kota lebih asri dibanding sebelumnya. Sekaligus, dapat mendorong aktivitas sosial lainnya di wilayah yang sudah direvitalisasi tersebut.

“Saya berencana mau bongkar (revitalisasi, red) ini kota Unaaha. Saya sudah minta anggaran Rp25 miliar lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita action,” ujar Kery Saiful Konggoasa kepada Kendari Pos, Jumat (19/11) kemarin.

Politikus PAN Sultra itu menyebut, gagasan program revitalisasi tersebut berangkat dari kian meningkatnya aktivitas masyarakat di wilayah jantung kota Unaaha. Kery Saiful Konggoasa berpandangan, frekuensi aktivitas sosial masyarakat yang kian meningkat dari hari ke hari harus direspons Pemkab Konawe dengan menghadirkan aspek kenyamanan bagi penduduk lokal maupun warga yang sekadar mampir di Kota Unaaha.

“Nanti kita siapkan juga fasilitas-fasilitas pendukung lainnya untuk masyarakat. Intinya, masyarakat harus merasa nyaman saat berada ataupun berkunjung di kota Unaaha,” beber Kery Saiful Konggoasa.

Senada dengan itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan menuturkan, konsep revitalisasi kota Unaaha sebenarnya sudah sejak lama digagas Bupati Kery Saiful Konggoasa. Namun karena satu sebab dan lain hal, ide pembenahan wajah ibu kota kabupaten baru dapat dituangkan ke dalam RPJMD Konawe. “Karena tentu saja harus secara bertahap. Tapi mudah-mudahan, konsep revitalisasi itu bisa rampung sampai dengan akhir periode kedua Bupati Kery,” imbuhnya.

Ferdinand menjelaskan, wilayah kota Unaaha yang terlebih dahulu direvitalisasi yakni di seputaran kawasan perkantoran Pemkab Konawe. Setidaknya, kawasan tersebut telah dirancang menjadi tempat yang nyaman bagi pejalan kaki. Termasuk, bagi warga yang berolahraga pada pagi maupun sore hari.

“Dan juga kawasan itu bisa menjadi tempat alternatif wisata keluarga. Suatu saat nanti kawasan itu pasti akan kita beri nama. Tapi untuk sementara ini, programnya itu kita sebut revitalisasi kota Unaaha,” ungkap Ferdinand.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe itu menambahkan, program revitalisasi kota Unaaha bakal mulai berjalan tahun depan. Saat ini, pemkab masih menunggu persetujuan anggota DPRD Konawe terkait rancangan APBD Konawe tahun 2022 guna mengakomodir anggaran program revitalisasi sebanyak Rp25 miliar tersebut.

Ferdinand Sapan pun meyakini, revitalisasi kota Unaaha itu juga nantinya dapat mendorong aktivitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Konawe, terkhusus di kota Unaaha.
“Karena ada konsep yang kita bangun sehingga menjadi alternatif masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas. Sudah ada spot-spot pada kawasan yang nantinya akan kita revitalisasi. Jadi nanti tinggal kita lengkapi saja fasilitasnya. Dengan begitu saya yakin masyarakat bisa lebih nyaman berada di kota Unaaha,” tandasnya. (adi/b)


Tinggalkan Balasan