AKHIRMAN/KENDARI POS
DIAJAR: Pengelola koperasi di Mubar mengikuti Bimtek RAT yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Mubar

KENDARIPOS.CO.ID– Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Muna Barat (Mubar) mengedukasi para pengelola koperasi tentang rapat anggota tahunan (RAT). Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti 75 pengelola koperasi di Mubar itu bisa merancang rencana kerja dan rencana anggaran belanja di tahun berikutnya secara profesional.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Mubar, Takade Abdulah menggariskan RAT bagi organisasi koperasi sangat penting dilakukan secara periodik setelah tutup tahun buku. Hal itu untuk menilai pertanggung jawaban pengurus, pengawas dan partisipasi anggota dalam tahun buku sebelumnya. “Kemudian menetapkan kebijaksanaan pengurus dalam tahun buku yang akan datang. Juga menetapkan rencana kerja dan rencana anggaran belanja tahun buku yang akan datang,” ungkapnya saat membuka Bimtek RAT, Selasa (9/11).

Ia mengungkapkan jumlah kepersi aktif di Mubar sebanyak 130. Dari jumlah itu, yang menyetor hasil RAT hanya sekira 16 koperasi.

Sementara itu, Ketua Panitia Bitem RAT, La Ode Muhamad Haerun F mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menggunakan dana yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mubar.
“Tujuan Bimtek ini untuk memberikan prncerahan dan masukan-masukan pada pelaku usaha koperasi terkhusus pada pengurus tentang kegiatan koperasi,” pungkasnya. (ahi/c)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.