Almawin Susen

KENDARIPOS.CO.ID– Pemkab Muna Barat (Mubar) terus melakukan vaksinasi Covid-19. Setidaknya, hingga November 2021, tercatat 25/037 warga Mubar telah menerima suntikan vaksin. Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, Almawin Susen mengatakan capaian angka vaksinasi tersebut terdiri dari tiga tahap.

Tahap satu sebanyak 16.892 warga atau mencapai 26,7 persen dari target vaksinasi. Tahap dua sebanyak 7.903 warga atau 12 persen. Kemudian untuk tahap tiga mencapai 242 warga atau 34 persen dari target vaksinasi. “Kalau tahap satu dan tahap dua diprioritaskan untuk masyarakat dan petugas publik. Pada tahap ketiga ini sasaranya adalah tenaga kesehatan.

Jadi masing-masing sudah ada capaian hanya masih di bawa 50 persen,” kata Almawin Susen saat ditemui, kemarin. Lanjutnya, meskipun masing-masing tahapan pemberian vaksinasi telah ada capaian namun secara umum, itu masih belum memenuhi target. Sebanyak 25.037 warga yang divaksin, saat ini masih jauh dari target vaksinasi yang diberikan pemerintah pusat untuk Mubar. “Intruksi Mendagri untuk dosis satu masing-masing wilayah kabupaten ditargetkan diatas 50 persen.

Dan secara umum capaian kita masih dibawa itu. Makanya kita terus genjot dengan terus melakukan layanan vaksinasi melalui komunikasi lintas sektor,” terangnya. Ia, menambahkan, saat ini Dinkes Mubar masih terus melakukan vaksinasi terhadap masyarakat umum maupun tenga kesehatan. 783 tenaga kesehatan ditargetkan disuntik vaksin

Dengan jumlah tersebut pihaknya bisa saja melakukan vaksinasi sekaligus. Hanya saja hal itu tidak dilakukan karena pertimbangan pelayanan kepada masyarakat. Alasannya, mereka yang menerima suntikan vaksin terkadang mengalami gejala sementara yang bisa dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. “kita juga tidak bisa lakukan vaksinasi secara keseluruhan sekaligus karena berkaitan dengan pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (ahi/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.