Rancangan APBD 2022 Diserahkan ke DPRD

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana telah menyerahkan draf rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana. Oleh Sekretrais Kabupaten Bombana Man Arfah, dokumen itu diserahkan kepada Wakil Ketua DPRD Bombana Iskandar, di ruang rapat paripurna Sekretariat DPRD, Senin (8/11).

Kesempatan itu, Man Arfah mengungkapkan, pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Bombana tahun 2022 mengusung tema “Pemulihan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur dan kualitas SDM menuju pencapaian pembangunan secara menyeluruh”. Hal ini sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah tahun 2022; pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. “Pemulihan ekonomi masih menjadi fokus utama kita bersama.

Sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah pusat tahun 2022,” ungkapnya. Untuk mendukung hal tersebut, kata dia, penyusunan rancangan APBD 2022 Bombana tetap mengedepankan lima prioritas utama yakni, pertumbuhan ekonomi dan daya saing tenaga kerja, pembangunan manusia dan penanggulangan kemiskinan, peningkatan infrastruktur dan konektivitas dalam mendukung pemulihan ekonomi, reformasi birokrasi dan pelayanan publik berkualitas serta pelestarian budaya dan pembangunan karakter masyarakat.

“Kelima prioritas pembangunan daerah ini disusun dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat Bombana secara umum,” terangnya. Rencana pendapatan daerah tahun 2022 diproyeksikan sebesar RP 1.06 triliun. Sementara untuk anggaran belanjar daerah tahun 2022 dirancang sebesar RP 1.036 triliun. Anggaran belanja daerah ini terbagi kedalam belanja operasi belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

Lanjut dia, anggaran belanja daerah yang dialokasikan untuk belanja operasi sebesar RP 640 miliar, belanja modal Rp 234 miliar, belanja tidak terduga Rp 6.6 miliar dan belanja transfer RP 156 miliar.

“Untuk pemerimaan pembiayaan daerah tahun 2022 ditargetkan sebesar RP 23 miliar, sedangkan pada sisi pengeluaran pembiayaan dialokasikan sebesar RP 49 miliar,” pungkanya. (idh/b).

ANGGARAN: Sekretaris Kabupaten Bombana, Man Arfah saat menyerahkan draf rancangan APBD 2022 kepada Wakil Ketua DPRD Bombana, Iskandar, kemarin.
MASLINDAH ALI/KENDARI POS

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.