SILIFANUDIN/KENDARI POS
PERIZINAN : Pengurusan izin di kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari berjalan normal. Sepanjang-September 2021, sebanyak 2.614 izin yang telah diterbitkan.

KENDARIPOS.CO.ID– Meski dilanda pandemi, pengurusan izin di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari tak menemui kendala. Tiap hari, ada saja warga mengurus keperluannya. Sepanjang Januari-September 2021, sebanyak 2.614 izin yang telah diterbitkan. Sekretaris DPMPTSP Kota Kendari, Nukke Djuwita mengatakan proses pelayanan pengurusan izin terbilang normal.

Selain layanan tatap muka (datang langsung ke kantor), pihaknya turut membuka layanan secara online. Bagi yang tidak bisa ke kantor DPM-PTSP tinggal mengakses sistem Online Singel Submission Risked Based Approach (OSS-RBA). “Ada dua sistem yang digunakan. Sistem OSS-RBA dan mendaftar langsung.

OSS-RBA adalah sistem perizinan yang terintegrasi. Jadi, tinggal pilih. Datang ke kantor atau online saja. Hingga September, sebanyak 2.614 izin yang telah diterbitkan,” kata Nukke Djuwita saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.
Dalam sistem OSS-RBA sekarang ini lanjutnya, izin usaha sudah tidak ada dan diganti menjadi sertifikat. Standarnya kualifikasinya berbasis resikonya.

“Ada resiko kecil, rendah, menengah rendah, menengah tinggi dan resiko tinggi.
Hanya izin usaha yang beresiko tinggi baru ada izinnya,” jelasnya.
Untuk sistem mendaftar langsung diperuntukan untuk izin profesi seperti dokter, bidan dan lain-lain.

Di kantor pelayanan, petugas siap membantu warga yang belum mengerti termasuk mengenalkan sistem OSS terbaru.(b/mg5)

Tinggalkan Balasan