Tarung di Palagan SKB

KENDARIPOS.CO.ID — Hiruk pikuk perjuangan berburu nomor induk pegawai (NIP) bagi CPNS masih menggema. Ribuan peserta CPNS berguguran di medan perjuangan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Hasil rekonsiliasi hanya memastikan 2.122 peserta seleksi CPNS berhak maju tarung di garis depan palagan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Lihat grafis.

Di lingkup Pemprov Sultra, 77 peserta terbaik memenuhi nilai ambang batas dan sukses menyisihkan 1.150 pesaingnya di tahap SKD. “Peserta CPNS formasi umum dinyatakan lulus SKD dan berhak ke SKB sebanyak 77 orang. Sedangkan 1.073 gugur dalam SKD,” kata Kadir, Kepala Bidang Mutasi dan Kepegawaian BKD saat dikonfirmasi Kendari Pos, Senin (1/11).

Mereka yang melaju ke tahap SKB hasil kerja keras peserta sendiri. Kadir mengingatkan CPNS untuk tidak mudah percaya oknum tertentu yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun. Hal itu tindakan penipuan. “Seleksi pengadaan CPNS di Pemprov Sultra tidak dipungut biaya,”ungkapnya.

Di Kabupaten Muna Barat (Mubar) 853 peserta gugur di tahap SKD. Hanya 235 orang dinyatakan lulus dan berlanjut ke babak SKB. ketahap tes Seleksi Kompentensi Bidang (SKB). “235 orang akan bersaing di SKB untuk mengisi kuota CPNS Mubar sebanyak 79 formasi,” ujar Hanur Al Kadirun, Kabid Pengembangan dan Dokumentasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Mubar, Senin (1/11).

Lokasi tes SKB delain di Mubar, akan digelar pula di luar daerah mengingat ada peserta SKB dari Yogyakarta, Bandung, dan Makassar. “Kita akan bersurat ke sana (Panselnas) untuk mengusulkan titik lokasi tes,” sambung Hanur Al Kadirun.

BKPSDM Konsel masih menunggu rilis resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Kepala BKPSDM Konsel, St.Chadidjah belum bisa memastikan kapan jadwal pelaksanaannya. “Kami menunggu petunjuk teknis dan jadwal pelaksanaan SKB dari Panselnas. Kami belum mengetahui secara pasti peserta yang berhak mengikuti SKB,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin kemarin.

Sementara itu, CPNS lingkup Pemkab Konut yang mengikuti SKB sekira 493 orang. “Peserta lolos SKD sudah kita umumkan. Yang berhak mengikuti masuk ke tahap SKB, sebanyak 493 orang,” ujar Moh. Nursain, Kepala BKPSDM Konut.

Di Pemkab Kolaka, dari 1.339 peserta ujian SKD, sekira 1.167 orang dinyatakan tidak lulus. “Hasil SKD telah kami umumkan. Adapun peserta yang lulus SKD dan berhak ke tahap ujian SKB sekira 172 orang,” ujar Hj. Andi Wahidah, Kepala BKPSDM Kolaka.

Peserta SKD CPNS saat mengikuti ujian di SMKN 1 Kendari.

Di Kabupaten Kolaka, peserta yang berhak ke tahap SKB belum diketahui. Admin Penerimaan CPNS BKPSDM Kolut, Muh. Aldi Nirwan mengatakan, hasil SKD akan dipublikasikan usai rekonsiliasi yang diagendakan 5-6 November 2021. “Khusus P3K guru diminta berkordinasi dengan Dikbud setempat sebagai pihak yang menangani ujian mereka,” ujarnya.

Begitu pula di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Belum diumumkan peserta SKD yang berhak melaju ke SKB. BKPSDM Koltim belum menerima hasil rekonsiliasi dari panselnas atau BKN pusat.
“Peserta nantinya yang dinyatakan lulus SKD dan ke tahap berikutnya supaya mempersiapkan diri,” ujar Ruslan, Kabid Pengadaan PNS BKPSDM Koltim, kemarin. (rah/ahi/ndi/min/fad/rus/kus/b)

Masih Menanti Hasil Rekonsiliasi

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.