Haliana

— Sosialiasi Keselamatan Pelayaran Sangat Penting

KENDARIPOS.CO.ID– Sejak awal tahun 2021 hingga Oktober lalu, Pos SAR Wakatobi telah mencatat ada sebanyak 13 kali insiden kecelakaan di perairan tersebut. Hal itu harus menjadi perhatian serius Pemerintah maupun masyarakat Wakatobi. Untuk meminimalisir angka kecelakaan laut, Dinas Perhubungan (Dishub) Wakatobi melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait keselamatan pelayaran.

Bupati Wakatobi, Haliana, mengatakan, otoritanya memang didominasi perairan. 97 persennya adalah laut, sementara wilayah darat hanya tiga persen saja. “Sehingga instansi terkait harus melakukan sosialisasi terkait keselamatan perairan. Ini penting untuk mendukung visi misi Kabupaten Wakatobi maritim yang sentosa,” ujar Haliana, Kamis (25/11). Wakatobi-1 itu menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi dalam RPJMD mendukung sarana prasarana infrastruktur kepelabuhanan.

Sementara itu, Dishub Wakatobi mencoba meminimalisir angka kecelakaan di laut dengan mengundang pelaku usaha transportasi. Tujuannya untuk mengedukasi dan membangun kesadaran pelaku usaha jasa angkutan laut agar menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan dan prioritas. “Diharapkan dengan adanya sosialisasi-sosialisasi terkait hal ini, bisa dipahami dan diaplikasikan oleh pelaku usaha transportasi laut. Sehingga angka kecelakaan di perairan Wakatobi bisa mengalami penurunan setiap tahun,” kata Kabid Kepelabuhan pada Dishub Wakatobi, Muhammad Kasim, kemarin. (b/thy)

Tinggalkan Balasan