-Ciptakan Generasi Cerdas dan Berakhlak Mulia

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari terus mengupayakan peningkatan jumlah Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Lulo. Upaya itu dilakukan dalam rangka menghasilkan generasi yang cerdas dan berkahlak mulia yang harus dibina sejak dini. Atas dasar itu, pemkot menghadirkan enam TK Negeri. Peresmian secara simbolis dipimpin oleh Bunda PAUD Kota Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain.

Menurut Sri Lestari, kehadiran TK Negeri sangat penting dalam rangka mewujudkan visi pendidikan dini daerah yang mana telah menargetkan minimal 1 TK Negeri di setiap kecamatan. Dari 11 Kecamatan, sudah 8 Kecamatan yang memiliki TK negeri. Sementara tiga kecamatan yang belum memiliki TK Negeri adalah Kecamatan Wuawua, Kendari dan Nambo.

“Pemerintah akan mengupayakan pemerataan TK Negeri di Kendari. Dengan begitu, anak-anak kita bisa mendapatkan pendidikan sejak dini dengan harapan mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang cerdas, tangkas, dan berlakhlak mulia,” kata Sri Lestari.

: Bunda PAUD Kota Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain memotong tumpeng tanda diresmikannya TK Negeri 7 Kendari, kemarin. AGUS SETIAWAN/KENDARI POS

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Hasyim mengatakan, hadirnya enam TK Negeri merupakan tindak lanjut Peraturan Wali Kota (Perwali) Kendari nomor 57 tahun 2020 tentang wajib PAUD (TK) satu tahun (Pra SD).

“Kami harap anak-anak kita sebelum memasuki jenjang SD sebaiknya mengenyam pendidikan usia dini agar nantinya mereka mudah beradaptasi pada jenjang sekolah dasar,” kata Hasyim.

Ia memastikan seluruh TK Negeri yang baru diresmikan sudah bisa menerima murid baru karena sarana dan prasaran sekolah sudah disiapkan termasuk dengan tenaga pendidik dan kependidikannya. Hasyim berpesan kepada para Kepala TK Negeri agar bisa menjalankan sekolahnya dengan baik serta meminta dukungan orang tua dan stakholder lainnya guna mendukung kelancaran pemebelajaran.

“Bangun kemitraan dengan pihak lain seperti Dinas. Contohnya saat ini TK Negeri 7 Kendari berada dibawah binaan Satpol PP, saya kira ini peluang untuk bisa ditawarkan pada insyansi lain maupun stakeholder lainnya,” kata Hasyim.

Sekedar informasi, enam TK Negeri yang diresmikan Bunda PAUD Sri Lestari yakni TK Negeri 4, 5, 6, 7, 8, dan TK Negeri 9 Kendari. (b/ags)