Waspadai Covid Gelombang Ketiga !

KENDARIPOS.CO.ID — Libur akhir tahun berpotensi menimbulkan kerumunan. Jika tidak diantisipasi, situasi itu bisa memicu gelombang ketiga penyebaran virus corona di Kota Kendari. Atas dasar itulah, Pemkot Kendari mulai menyusun regulasi tentang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan ada dua poin bisa yang memicu gelombang ketiga covid-19. Salah satunya, liburan. Dari hasil analisis Satgas Penanganan covid, libur panjang membuat masyarakat beraktifitas dan berinteraksi di luar rumah dengan durasi yang cukup lama. Hal tersebut tentunya berpotensi terjadi penularan.

“Libur Nataru bisa memicu penyebaran. Untuk itulah, pemerintah harus menyusun regulasi yang nantinya bisa menjadi acuan. Dengan begitu, aktifitas masyarakat yang menimbulkan kerumunan bisa dicegah,” jelas Sulkarnain kemarin.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, SE.,ME dan Wakil Wali Kota Kendari Hj. Siska Karina Imran

Poin kedua lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, adalah cuaca. Kondisi cuaca yang tidak menentu berpengaruh terhadap kondisi tubuh masyarakat. Imun menurun sehingga mudah terserang penyakit seperti flu termasuk Covid. “Ini dua hal yang akan kita jaga betul. Sementara kami persiapkan regulasinya. Tapi mudah-mudahan pada akhir tahun nanti tidak terjadi. Kami tetap akan antisipasi,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Harian Tim Operasi Yustisi Covid-19 Kota Kendari, Samsu Alam mengaku siap melakukan pengawasan dan pengamanan liburan Nataru. Menurutnya, pengamanan penting dilakukan agar bisa meminimalisir potensi penularan covid.

“Dengan kekuatan personil yang ada sekitar 100 orang dari 4 regu, kamu siap melakukan pengawasan. Utamanya penegakan disiplin protokol kesehatan seperti masyarakat wajib menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan atau 5 M,” kata Samsu Alam.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan pemetaan kawasan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan keramaian. Diantaranya, Kendari Beach, pelataran MTQ Square, Jembatan Teluk Kendari dan Kawasan Bungkutoko. “Namun semuanya masih menunggu regulasinya. Untuk saat ini kami tetap jalankan operasi yustisi. Setiap hari pada siang dan malam,” kata Samsu Alam. (b/ags)

Antisipasi Liburan Nataru
-Pemkot Susun Regulasi Baru
-Tim Yustisi Masifkan Pengawasan
-Petakan Titik yang Berpotensi Keramaian
-Perketat Penegakan Disiplin Prokes dan Gerakan 5 M

Faktor Pemicu Gelombang Ketiga
-Liburan Panjang (Libur Nataru)
-Cuaca (Kondisi Cuaca yang Berubah-ubah Menurunkan Imun Tubuh)