-Wujudkan Masyarakat Kendari yang Sehat


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memiliki komitmen besar dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Berbagai upaya pun ditempuh. Salah satunya dengan membentuk Kampung Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pembentukan kampung germas sangat penting dilakukan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingukungannya.

“Masyarakat harus diedukasi agar bagaimana paham dengan kesehatan dan kebersihan lingkungannya. Apalagi di masa pandemi Covid-19. Penyadaran dan edukasi penting dilakukan agar mereka bisa terhindar dari penularan wabah penyakit. Termasuk penularan Covid-19,” kata Sulkarnain Kadir.

Pembentukan kampung germas lanjutnya, sudah menjadi amanah dari pemerintah pusat yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 1 tahun 2017. Di sisi lain, pembentukannya sejalan dengan visi misi daerah yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), teknologi dan informasi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (depan, kiri) dan Kepala Dinkes Kota Kendari, drg Rahminingrum (depan, kanan) bersama peserta mengikuti gerakan peregangan otot. Agus Setiawan/Kendari Pos

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum mengungkapkan di Kendari sudah terbentuk sebanyak 12 kampung germas dari total 15 wilayah sasaran. Teranyar, pihaknya membentuk kampung germas di Kelurahan Wundumbatu dan Mataiwoi.

“Kelurahan Wundumbatu dan Mataiowoi merupakan salah satu kelurahan yang berkomitmen untuk mengimplementasikan program germas. Nanti akan kami bimbing langsung sehingga bisa menjad contoh bagi kelurahan lainnya di Kota Kendari,” kata Rahminingrum.

Selain menjadi salah satu cara untuk mereduksi penyebaran penyakit, kampung germas juga berperan mencegah penularan Covid-19. “Karena dalam kampung germas masyarakat dituntut melakukan 7 langkah hidup sehat seperti melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayuran, tidak merokok, tidak miras, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban plus menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (b/ags)

Langkah Hidup Sehat Kampung Germas
-Melakukan Aktivitas Fisik
-Mengkonsumsi Buah dan Sayuran
-Tidak merokok dan Miras
-Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala
-Menjaga Kebersihan Lingkungan
-Menggunakan Jamban Plus
-Terapkan Prokes

Target 15 Kampung
Terealisasi 12 Kampung