Utamakan TKL dalam Perekrutan ! – Kendari Pos
Kolaka

Utamakan TKL dalam Perekrutan !

Ilustrasi


— Perusahaan Tambang Harus Patuhi Perbup
KENDARIPOS.CO.ID– Banyaknya perusahaan yang hadir di Kabupaten Kolaka, diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat. Agar harapan itu bisa direalisasikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang perekrutan tenaga kerja di otorita Bupati, H. Ahmad Safei.

“Kami sudah menerima draf Perbup tersebut. Tinggal disinkronkan dengan perusahaan, khususnya pada bidang tambang yang akan membuka lowongan kerja. Dalam Perbup tersebut, perusahaan diminta untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal (TKL) dalam perekrutan. Jadi kami minta, perusahaan harus mematuhi Perbup tersebut,” kata Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Akhdan, Rabu (13/10).

Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Akhdan

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut, mengatakan, tak ada alasan bagi pihak perusahaan tambang untuk mengabaikan Perbup tersebut saat perekrutan tenaga kerja. Apalagi jika lowongan yang dibuka perusahaan tersebut hanya untuk tenaga kerja kasar. “Kalau hanya tenaga kerja kasar itu banyak yang bisa karena itu tidak membutuhkan skill khusus. Jadi tidak usah datangkan tenaga kerja dari luar. Bahkan untuk posisi strategis pun, seperti manajer, kalau bisa tetap prioritaskan TKL, jika ada yang mampu memenuhi persyaratan untuk mengisi posisi tersebut,” desak Akhdan.

Ia optimis, Perbup tersebut akan berdampak positif bagi kesejahteraan warga, khususnya bagi para pencari kerja. Sebab dalam waktu dekat akan ada perusahaan tambang yang melakukan perekrutan tenaga kerja. “Alhamdulillah, sudah ada perusahaan tambang yang akan melakukan perekrutan tenaga kerja dan akan sudah mematuhi Perbup tersebut. Mereka sudah meminta data kepada Pemerintah Kecamatan yang warganya akan melamar kerja di perusahaan tersebut. Jika dalam proses perekrutan tenaga kerja semua perusahaan mematuhi Perbup tersebut, maka masalah pengangguran di Bumi Mekongga ini akan teratasi,” pungkas Akhdan. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy