Bupati Buton, La Bakry


KENDARIPOS.CO.ID– Pelantikan pejabat eselon II hasil lelang jabatan yang dituntaskan Panitia Seleksi (Pansel) sejak Maret lalu tak kunjung dijadwalkan. Padahal, seleksi sudah menyeberang tahun sebab dianggarkan dalam APBD Perubahan tahun 2020 lalu. Hingga Oktober ini belum ada kejelasan kapan pelantikan itu. Bupati Buton, La Bakry, mengaku tak punya niat untuk mengulur waktu pelantikan para calon kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lolos seleksi pejabat sejak awal tahun lalu.

Hanya saja, paket lelang itu dilakukan terhadap delapan jabatan. Sehingga, saat salah satunya terhambat, maka asesmen belum dianggap tuntas. Olehnya itu, Ia berkomitmen menunggu seluruhnya tuntas. Namun sayangnya, hingga Oktober ini, belum ada jawaban pusat terkait hasil seleksi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

La Bakry pun berencana melakukan pelantikan terhadap tujug jabatan yang sudah tuntas lebih dulu. Sekaligus juga direksi Perusahaan Umum Daerah. “Kalau tidak selesai minggu depan ini untuk jabatan Kadisdukcapil, terpaksa kita lantik dulu yang tujuh dinas, bersama Direksi Oerumda juga. Nanti Disdukcapil tersendiri saja,” janjinya, Jumat (22/10). Tujuh OPD dimaksud pada Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Ketahanan Pangan, dan Balitbang.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton, Awaluddin, mengatakan, sejak tiga bulan lalu, proses wawancara bagi calon Kadisdukcapil sudah tuntas. Hanya saja, rekomendasi dari Kemendagri memang belum terbit hingga hari ini. “Minggu depan kita akan berangkat cek langsung ke sana. Karena kalau menunggu saja sepertinya lama. Nanti kita tanyakan langsung bagaimana perkembangannya,” jelas Awaluddin. (b/lyn)