KENDARIPOS.CO.ID– Rencana lelang jabatan eselon II B dalam seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, dibatalkan. Kini posisi kursi lowong untuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertambah. Hingga tahun ini, masih ada tujuh jabatan eselon II yang belum terisi.

Sebenarnya, tersisa satu tahap lagi proses lelang jabatan eselon II B dalam seleksi terbuka JPT tahun 2021 ini akan tuntas. Sayangnya, setelah 22 peserta dinyatakan lolos asesmen, agenda tersebut dibatalkan. Rencananya proses lelang jabatan akan kembali dibuka pada tahun 2022 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wakatobi, Sahibuddin, membenarkan lelang tujuh kursi pejabat itu akan dilakukan tahun depan. Hanya, mengenai waktu dan pelaksanaannya, ia harus mengonsultasikan lagi dengan Bupati, Haliana. “Kita minta petunjuk dulu. Setelah itu baru akan dilihat kapan bisa dilaksanakan. Insya Allah tahun depan sudah ada lelang jabatan,” terangnya, Jumat (29/10).

Sementara itu bagi 22 peserta yang sebelumnya sudah mendaftar hingga memasuki tahapan asesmen dan dinyatakan lulus, jika seleksi terbuka ini kembali dilakukan, maka hanya akan mengikuti proses selanjutnya. “Tidak perlu lagi ikut asesmen, kan berlakunya tiga tahun. Hanya jika masih ada berkas atau hal yang belum dilengkapi atau diperbarui, maka harus disetorkan. Tetap mendaftar,” sambungnya.

Untuk diketahui, jabatan yang dilelang tersebut adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Inspektur Daerah Wakatobi, Asisten III. Termasuk Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) karena telah pensiun serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang pimpinannya meninggal dunia. (b/thy)