KENDARIPOS.CO.ID — Kontingen Sultra begitu optimis menghadapi pagelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) V Korpri tingkat nasional. Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas bahkan menargetkan bisa menjadi juara umum. Apalagi para qori dan qoriah asal Sultra akan tampil di depan publik sendiri.

Menurut Wagub, target juara umum bukanlah hal mustahil. Apalagi prestasi itu pernah diraih kontingen Sultra saat MTQ III Korpri nasional di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2016. “Saya berharap Sultra bisa mengulang kesuksesan pada MTQ Korpri edisi ketiga lalu,” kata Lukman Abunawas kemarin.

Lukman Abunawas

Sesuai jadwal, pelaksanaan MTQ akan digelar tanggal 14 November 2021 mendatang. Tidak hanya mempersiapkan diri sebagai tuan rumah, Pemprov turut fokus menyiapkan qori dan qoriah yang akan tampil sejak jauh-jauh hari. “Untuk persiapan MTQ Korpri, kita sudah genjot semua. Para peserta dari kabupaten/kota kita juga sudah seleksi,” ungkapnya.

Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sultra, Beangga Harianto mengatakan MTQ Korpri merupakan hajatan nasional. Sebagai tuan rumah, Sultra ingin kembali meraih apa yang sudah didapat pada pelaksanaan MTQ Korpri tingkat nasional di
Kaltim dan tampil menjadi juara umum.

“Di kampungnya orang saja kita juara umum. Apalagi di kampung sendiri. Untuk itulah, kami meminta doa dan dukungan seluruh
masyarakat Sultra,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya telah menyiapkan 12 tempat untuk lokasi pelaksanaan. Di mana pembukaan bakal dipusatkan di tugu eks MTQ Square Kendari. “Lokasinya, di pondok hafiz Andonohu Kendari, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), LPMP, IAIN. Kemudian di kantor PU Sultra, kantor pariwisata Sultra, masjid Al-Kautsar dan masjid Al-Alam Kendari serta beberapba tempat lainnya,” tandasnya. (c/rah)

Sejumlah Lokasi Perlombaan
Masjid Agung Al-Kautsar
Masjid Al-Alam
Pondok Hafiz Andonohu Kendari
Universitas Muhammadiyah Kendari
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan
Kampus IAIN
Kantor SDA dan Bina Marga Sultra
Dinas Pariwisata Sultra