KENDARIPOS.CO.ID — Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sangat penting dalam pemerintahan. Pasalnya, APIP menentukan terwujudnya Good Governance karena kewenangannya sebagai pengawas internal daerah. Atas dasar itu, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terus mendorong kapabilitas APIP, terutama APIP di Kendari.

Kepala BPKP Sultra, Nani Ulina Kartika Nasution mengatakan kemampuan dari APIP Kota Kendari khususnya yang ada Inspektorat sudah baik. Kendati demikian perlu ditingkatkan levelnya dari level 2 menjadi level 3. Agar dapat naik “kelas”, maka APIP harus melakukan perbaikan kinerja secara efektif dan efisien.

Selain itu, APIP harus mampu meningkatkan Governance Risk and Control, serta yang terpenting mampu menangkal dan mencegah tindak penyimpangan terhadap ketentuan (Illegal Act).

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Kepala BPKP Sultra, Nani Ulina Kartika Nasution (kanan) usai berdiskusi terkait kapabilitas APIP, kemarin. AGUS SETIAWAN/KENDARI POS

“Kami telah melakukan pengkajian terhadap enam elemen kapabiltas APIP untuk kemudian dilakukan interpensi yang dapat mempengaruhi secara keseluruhan elemen. Keenam elemen itu yakni peran dan layanan, pengelolaan sumber daya manusia, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan Organisasi, serta struktur tata kelola,” kata Nani, saat berkunjung di Inspektorat Kendari, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin berkomitmen meningkatkan kemampuan APIP dilingkupnya. Sebagai bentuk keseriusan untuk berbenah, pihaknya telah mengikuti diklat ini peningkatan kualitas dan kapabilitas APIP yang digelar BPKP beberapa waktu lalu.

Ia yakin, kerja keras yang ditempuh APIP dapat memenuhi seluruh elemen (standar) penilaian BPKP, mulai dari perencanaan, penyusunan program kerja pemeriksaan (PKP) hingga proses tindaklanjut yang semuanya telah memiliki standar. “Kami yakin bisa naik ke level tiga. Sebab ini memang menjadi kebutuhan kita,” kata Syarifuddin.

Sekedar informasi, berdasarkan hasil evaluasi Management Oversight tahun lalu, kapabilitas APIP Inspektorat Kota Kendari berada pada Level 2. Sementara untuk wilayah Sultra, yang berhasil mencapai level 3 baru Inspektorat Sultra. (b/ags)