Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga

KENDARIPOS.CO.ID– Sejumlah rencana dan progam kerja akan dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan pada tahun 2022 mendatang. Dari sejumlah program yang tertuang dalam RPJMD Konsel 2021-2026, Pemkab telah menyusun kerangka kerja prioritas. Mulai dari peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat, peningkatan ekonomi pedesaan berkelanjutan dan pembangunan infrastruktur.

“Ketiga unsur tersebut akan menjadi prioritas kami kedepan dan tidak lepas dari visi misi saya bersama Wakil Bupati, Rasyid,” ungkap Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, kemarin. Konsel-1 itu menjelaskan, ia bertekad bagaimana meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat, melalui pembangunan SDM. Disisi lain, pihaknya akan memetakan sentra potensi unggulan desa dibidang pertanian, perikanan, perkebunan, perternakan maupun pengembangan spot wisata.

“Dengan demikian, pengelolaan setiap potensi yang ada di Konsel akan lebih maksimal dan tentu ada output yang diharapkan. Yakni peningkatan ekonomi perdesaan yang berkelanjutan,” sambungnya. Mantan Ketua DPRD Konsel tersebut juga menegaskan, pembangunan infrastruktur akan terus dimaksimalkan. Baik masalah jalan maupun sarana dan prasarana umum lainnya hingga tingkat pedesaan.

Untuk mewujudkan itu, tambah Surunuddin harus ada sinergitas antara program kabupaten hingga tingkat desa.
“Kita ingin menyatukan persepsi dan tujuan, bagaimana mendorong perekonomian rakyat Konsel dan kesejahteraan masyarakat yang hasilnya bisa dirasakan seluruhnya dalam bingkai Desa Maju Konsel Hebat,” tandasnya. (b/kam)