Terobosan Cerdas Jurusan Biologi FKIP UHO: Gelar Seminar Nasional, Perdalam Ilmu Literasi Digital – Kendari Pos
Edukasi

Terobosan Cerdas Jurusan Biologi FKIP UHO: Gelar Seminar Nasional, Perdalam Ilmu Literasi Digital

Kendaripos.co.id – Kondisi pandemi covid-19, membuat sistem pembelajaran dilakukan secara daring. Situasi ini mengharuskan lembaga pendidikan, baik kampus maupun sekolah menyesuaikan diri. Pendalaman literasi digital menjadi suatu keharusan.

Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Halu Oleo (UHO) sangat menyadari hal itu. Makanya, belum lama ini menggelar seminar nasional bertajuk “Literasi Digital”: Sebuah Perspektif Pembelajaran Biologi di Abad 21″ . Ini salah satu terobosan cerdas yang dilakukan pihak jurusan di masa pandemi covid.

Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UHO, Lili Darlian, M.Si, menegaskan, pihaknya konsisten menjaga mutu akademik. Termasuk di masa pandemi covid ini. Seminar nasional dilakukan sebagai upaya menjaga kualitas akademik tersebut.

“Seminar nasional, merupakan agenda tahunan yang terus kami lakukan dalam tiga tahun terakhir. Ini berfokus pada sistem pendidikan dan peningkatan mutu tridharma perguruan tinggi,” ungkap Lili Darlian, kemarin.

Setiap tahun lanjut dia, selalu ada tema-tema berbeda. Sesuai kondisi dan keadaan yang berfokus pada sistem pendidikan. Yang tentunya mengarah pada pengembangan mutu akademik itu sendiri.

“Tahun ini temanya adalah Literasi Digital. Ini sesuai sistem akademik yang berlaku sekarang. Dimana teknologi menjadi alat penting dalam melaksanakan pembelajaran, akibat pandemi covid-19. Yang tentunya setiap lembaga pendidikan harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut, dengan menyusun mekanisme pembelajaran online yang baik dan berkualitas,” terangnya.

Khusus di jurusan Biologi, sejauh ini mekanisme pembelajaran online sudah berjalan baik. Salah satu indikatornya, para dosen sudah bisa mengimplementasikan penggunaan aplikasi pembelajaran dengan bagus. Hanya saja, metode belajar online akan terus berubah-ubah sesuai dengan perkembangan teknologi. “Sehingga melalui seminar seperti yang kami lakukan ini, bisa lebih mempermantap berbagai proses perkuliahan online,” paparnya.

Sebelumnya, seminar nasional bertajuk Literasi Digital digelar secara offline di Hotel Horizon Kendari. Dibuka oleh Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Sc. Pematerinya adalah D.Eng. Novanto Yudistira, M.Sc , Prof. Dr. Suratno, M. Si, dan Dr. H. Safilu, M.Si. (Ilw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy