-Anggaran Perjalanan Dinas Lebih Terpantau

KENDARIPOS.CO.ID — Program digitalisasi Pemkot Kendari tak hanya sekedar memudahkan layanan. Di sisi lain, program ini ternyata cukup efektif mengefisiensi anggaran. Salah satunya melalui aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Elektronik atau e-SPPD. Sejak diberlakukan, pemerintah mampu menghemat anggaran hingga Rp 17 miliar setiap tahunnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan penerapan aplikasi e-SPPD sangat efektif dalam menekan pengeluaran daerah pada item perjalanan dinas. Pembiayaan perjalan para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkupnya terpantau, dan penganggarannya hanya sesuai keperluan dan kebutuhan.

Sulkarnain Kadir

“Hadirnya aplikasi SPPD elektronik ini didasari oleh banyaknya kasus yang muncul dari perjalanan dinas. Sehingga kami lakukan perbaikan, merapikan administrasinya, termasuk pelaporan. Semua diatur by system sehingga sangat kecil kemungkinan penyalagunaan anggaran perjalanan dinas,” kata Sulkarnain Kadir.

Selain menghemat anggaran, e-SPPD juga merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk memperpendek jalur birokrasi. Sebelum proses penyetujuan dokumen perjalanan dinas dilakukan secara konvensional (manual). Namun kini sudah berubah secara elektronik (digital).

“Jika selama ini masih manual dan lama, serta butuh tatap muka. Dengan sistem ini, tidak perlu lagi kejar-kejar bu Sekda atau kejar-kejar saya kalau butuh disposisi,” ujar Sulkarnain.

Sekedar informasi, aplikasi e-SPPD bisa diakses melalui website kendarikota.go.id juga bisa melalui aplikasi kendarikota yang bisa diundung melalui Google Play Store. (b/ags)

Manfaat e-SPPD
-Hemat Biaya Rp 17 Miliar Pertahun
-Pembiayaan Perjalanan ASN Terpantau dan Sesuai Kebutuhan
-Sistem Pelaporan Lebih Teratur, Akuntabel dan Transparan
-Jalur Birokrasi Kian Simpel