KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi gelap bisa memicu kerawanan dan tindakan krimimal. Atas dasar itulah, Pemkot Kendari berusaha memasang lampu penerang di wilayah yang gelap. Tahun 2021, pemerintah menargetkan memasang 4 ribu lampu. Kemarin, program yang diberinama Kendari Terang ini menyentuh warga Kelurahan Kambu.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan program Kendari Terang sengaja dihadirkan untuk menerangi ruas-ruas jalan pemukiman warga yang belum memiliki penerangan jalan. Program ini telah dimulai dari beberapa tahun terakhir dan akan terus berlanjut.

“Karena kondisi jalan yang gelap, maka potensi terjadinya aksi kriminalitas itu tinggi. Kan kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelakunya, tapi karena ada kesempatan atau karena gelap. Ini yang coba kita antisipasi lewat Program Kendari Terang,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

Pada tahun ini, pihaknya menargetkan bisa memasang 4 ribu lampu. Titik pemasangan diprioritaskan wilayah yang belum memiliki penerang jalan. Salah satunya di Kelurahan Kambu.

H. Sulkarnain Kadir
Wali Kota Kendari

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menyambuk baik program Kendari Terang yang digagas oleh Pemkot. Menurutnya, pemasangan lampu pada wilayah yang masih “gelap” akan sangat membantu mobilitas warga yang beraktifitas di malam hari.

“Buktinya, masyarakat merasakan manfaat program ini. Sejak 2019 itu sebanyak 1.000 lampu telah dipasang. Tahun 2020 tidak ada pemasangan karena recofusing anggaran, dan tahun ini dilanjutkan dengan target 4.000 lampu. Tentu ini sangat membantu mobilitas warga dan bisa mencegah aksi kriminalitas utamanya pada malam hari,” kata Subhan.

Sementara itu, Randi seorang warga Lorong Mangkerey Kelurahan Kambu mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah. Sebab jalan masuk pemukiman sangat gelap. Apalagi posisi lorong mangkerey yang tepat berada di kawasan kampus Universitas Halu Oleo (UHO).

“Di sini rawan terjadi kejahatan. Kadang kami dipalak kalau pulang malam hari. Sering terjadi tawuran antar pemuda. Saya trauma kalau jalan malam. Tapi sekarang sudah terang. Mudah-mudahan tidak ada lagi kekacauan. Terima kasih Pak Sul,” kata Randi. (b/ags)

Program Kendari Terang
2021 4 Ribu Lampu
2020 2 Ribu Lampu
2019 1.000 Lampu