Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID– Penyuntikan vaksin pada masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Sampai saat ini tercatat ada 30 ribu lebih jiwa yang menerima sunti­kan vaksin Covid-19. Dari data tersebut Pem­kot Baubau belum me­menuhi target vaksinasi yang diberikan Pemer­intah Pusat, sebanyak 128 ribu jiwa.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pen­anggulangan Penyakit (P2P) pada Dinas Kes­ehatan Kota Baubau, Marfiah Tahara, men­gatakan, upaya pem­berian vaksinasi pada masyarakat terus di­lakukan. Pemerintah bersama instansi terkait seperti TNI dan Polri, lembaga vertikal, pihak swasta, serta organisasi kemasyarakatan terus menggelorakan seman­gat pelaksanaan vak­sin.

Tujuan utamanya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sekaligus me­menuhi target.
“Kemarin vaksinasi massal digelar oleh Ke­satuan Organisasi Ser­baguna Gotong Royong (Kosgoro) Kota Baubau di Lapangan Lembah Hijau. 70 tenaga kes­ehatan dilibatkan mel­akukan penyuntikan vaksinasi dan berjalan lancar. Sasarannya ada­lah masyarakat umum sekira 400 jiwa,” kata Marfiah Tahara, Senin (11/10).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pen­anggulangan Penyakit (P2P) pada Dinas Kes­ehatan Kota Baubau, Marfiah Tahara

Menurutnya, pelaksan­aan vaksinasi akan terus dilakukan dengan men­yasar berbagai lapisan masyarakat. Agenda vak­sinasi rencananya akan kembali digelar pada Rabu (13/10) secara be­sar-besaran. Untuk stok vaksin yang akan digu­nakan masih tersedia dan sudah disiapkan. “Stok vaksin masih aman sekitar 3.600 dosis. Setiap minggu kita melakukan penjempu­tan di provinsi. Jadi kita tidak akan kekurangan,” ucapnya.

Wanita berhi­jab itu menambahkan, berdasarkan data terbaru yang diterima pihaknya, jumlah masyarakat yang melakukan vaksinasi do­sis tahap pertama sudah mencapai 36.804 jiwa. Jumlah itu merupakan data keseluruhan. Mu­lai dari pelayan publik, masyarakat umum, guru, dan siswa. “Sementara untuk dosis tahap kedua sebanyak 21.859 jiwa,” pungkasnya. (c/ahi)