KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Bombana, H.Tafdil dinilai sukses menjadikan Kabupaten Bombana sebagai daerah sentosa alias aman dan tentram. Penilaian itu datang dari seorang jenderal TNI. Dia adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana. Ungkapan itu terlontar saat Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana kunjungan kerja di Kabupaten Bombana, Kamis (21/10). Kehadiran Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana disambut hangat Bupati Tafdil bersama istri yang juga Ketua TP PKK Bombana sekaligus Anggota DPD RI, Hj. Andi Nirwana Tafdil.

Kabinda Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana mengungkapkan berdasarkan identifikasi awal BIN Daerah Sultra bahwa Kabupaten Bombana dalam kepemimpinan Bupati Tafdil merupakan daerah yang cenderung sangat aman. Kemapanan ini tentu merupakan hasil dari komunikasi baik yang dibangun Bupati Tafdil kepada seluruh unsur masyarakat dan Forkopimda di Bombana.

Bupati Bombana, H. Tafdil (dua dari kiri) didampingi Ketua TP PKK Bombana, Hj.Andi Nirwana Tafdil (kiri) memberikan cendera mata kepada Kepala BIN Sultra, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana (dua dari kanan) di Rujab Bupati Bombana, Kamis (21/10). MASLINDAH ALI / KENDARI POS

“Ini merupakan kunci sukssnya. Suatu daerah aman dan tenteram apabila kepala daerah berhasil menjalin komunikasi yang baik kepada seluruh elemen diwilayahnya. Inilah yang dilakukan oleh Bupati Bombana Tafdil yang menjadikan Bombana selama ini bisa cenderung sangat aman,” ujar Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Bombana, kemarin.

Brigjen TNI Raden Toto mengatakan kedatanganya di Bombana untuk bersilaturahmi kepada seluruh jajaran Pemkab Bombana dan menjalin sinergisitas sesuai fungsi dan tugas yang diembannya.
Menurutnya, Kabupaten Bombana yang aman dan tentram dipengaruhi tingkat kepercayaan warga terhadap kepala daerahnya, dalam hal ini Bupati Bombana Tafdil sangat baik. Indikatornya, roda pemerintahan dan sosial kemasyarakatan berjalan dinamis. Sehingga, potensi gesekan antargolongan tidak terjadi. “Kondisi yang cenderung sangat aman ini agar dapat terus dipertahankan dalam komando Bupati Tafdil,” pinta Brigjen TNI Raden Toto.

BIN Daerah Sultra akan bekerja sama dengan Pemkab Bombana untuk mendukung percepatan vaksinasi. Selain metode door to door kepada masyarakat, vaksinator akan berkunjung ke sekolah-sekolah. “Kami akan melaporkan ke Mabes BIN terkait kebutuhan Kabupaten Bombana akan vaksin. Biasanya kami akan diberikan sekira 5000 dosis vaksin Sinovac,” imbuh Brigjen TNI Raden Toto.

Sementara itu, Bupati Bombana, Tafdil mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan BIN Daerah Sultra demi stabilitas daerah. Bupati Tafdil menegaskan sinergisitas Pemkab Bombana dan BIN Daerah Sultra terus berjalan demi keamanan daerah Bombana. “Terima kasih atas kunjungan Kepala BIN Sultra beserta jajaran,” ujar Bupati Tafdil. (idh/b)

Bupati Tafdil Siap Bekerja Sama Demi Stabilitas Daerah