KENDARIPOS.CO.ID– Pembangunan infrastruktur jalan raya di Kota Baubau terus dilakukan. Tak hanya fokus pada pengerjaan jalan lingkar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau juga akan menata kembali ruas di Kecamatan Lea-lea. Yakni poros Kalia-lia yang rusak sejak puluhan tahun dan belum tersentuh perbaikan selama ini. Pihak Dinas PUPR berkomitmen memperbaiki jalan tersebut dan akan mulai dilakukan tahun ini.

Kepala Dinas PUPR Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud, mengatakan, dalam pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan raya, pihaknya berupaya maksimal agar semua dapat tersentuh secara merata. Tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi keuangan daerah. “Untuk jalan poros (Kalia-lia) yang rusak sekira 3 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud

Anggarannya kita sudah masukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) Kota Baubau 2021. Insya Allah tahun ini mulai dikerjakan, meski tidak tuntas sekaligus,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Pengerjaan jalan poros Kalia-lia tersebut akan mulai dilakukan dalam waktu dekat ini. Sambil menunggu turunnya APBD-P, pihak Dinas PUPR mulai melakukan persiapan lelang proyek. “Kita menunggu persetujuan APBD-P duli. Sekarang ini sementara dievaluasi di Pemerintah Provinsi. Kalau sudah disetujui, maka tinggal lihat dan sesuaikan kondisi anggaran yang tersedia berapa,” ungkap Andi Hamzah Machmud.

Menurutnya, jalan poros Kalia-lia telah lama diusulkan untuk dibenahi. Hanya saja kondisi anggaran yang terbatas mengakibatkan jalan tersebut belum tersentuh. Makanya saat pembahasan APBD-P 2021, pihaknya berupaya agar usulan anggaran untuk perbaikan jalan bisa terakomodasi.

“Untuk besaran dananya, saya belum bisa pastikan. Yang jelas kita sudah usulkan dan menunggu penetapan APBDP. Pengerjaanya akan kita bagi dua tahap. Tahap pertama mulai pada APBDP ini. Kemudian sisanya dilanjutkan pada APBD induk 2022 mendatang,” tandas Andi hamzah Machmud. (c/ahi)