KENDARINEWS.COM — Kesempatan bagi orang tua yang anaknya belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Saat ini, stok blangko KIA di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari masih cukup tersedia. Prosesnya pun tak ribet. Warga cukup melengkapi persyaratan. Apalagi pengurusan KIA tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Iswanto mengajak orang tua mengurus KIA bagi anak di bawah 17 tahun. Sejatinya, fungsi KIA seperti halnya KTP-el. Tidak hanya tanda pengenal, namun juga memberi akses pelayanan publik. Tak heran, kepemilikan KIA merupakan amanah UU dan dianjurkan pemerintah pusat.

“Tiap hari, kita membuka pelayanan. Untuk ketersediaan blangko, masih cukup banyak. Tidak hanya untuk KIA namun juga KTP-el. Saat ini, stok blangko KIA sebanyak 3.572 keping sementara KTP-el 2.738 keping,” beber Iswanto saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/10).

Syarat pembuatan KIA kata dia, cukup mudah. Untuk anak di bawah lima tahun, cukup foto copy akte kelahiran, foto copy Kartu Keluarga (KK) dan KTP orang tua. Sementara anak di atas 5 tahun cukup menambahkan pas foto 3×4 (2 lembar). Background merah untuk anak kelahiran tahun ganjil dan biru untuk genap.

ISWANTO

Program KIA sambungnya telah dimulai beberapa tahun. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai program ini. Untuk itu, pihaknya gencar melakukan berbagai sosialisasi dan kerjasama dengan berbagai instansi. Tahun ini, pihaknya menargetkan bisa mencapai 30 persen.

“”Kami sudah sosialisast di berbagai tempat, terutama sekolah-sekokah itu hampir semua sudah dikunjungi, di Dikmudora Kendari. Sekarang kita gencar di berbagai kelurahan-kelurahan,” paparnya. (b/ilw)

Blangko Kartu Identitas
KIA 3.572 Keping
KTP-el 2.738 keping

Syarat pembuatan KIA

  1. Anak di Bawah 5 Tahun
    -Fotocopy Akte Kelahiran
    -Fotocopy Kartu Keluarga
    -KTP Orangtua
  2. Anak di Atas 5 Tahun
    -Tambah Pas Photo 3×4 (2 lembar)
    -Background Merah Tahun Kelahiran Ganjil
    -Background Biru Tahun Kelahiran Genap