-Pengerjaan Kolam Renang dan GOR Terus Dikebut

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra konsisten memberikan perhatian kepada perkembangan dan kemajuan olahraga. Salah satu yang ditempuh dengan merehabilitasi sarana dan prasarana olahraga. Mulai dari stadion Lakidende, kolam renang KONI dan gedung Olahraga (GOR) Apriyani Rahayu. Total anggaran digelontorkan mencapai Rp 38 miliar.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan pengerjaan rehabilitasi sarana olahraga sementara berjalan. Untuk stadion Lakidende, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 30 miliar. Targetnya, tahun 2022 sudah tuntas.

Setelah puluhan tahun tanpa perawatan, Pemprov Sultra mulai merehabilitasi stadion Lakidende tahun 2021 ini. Sebagai langkah awal, pemerintah telah mengalokasi anggaran sebesar Rp 30 miliar. Muh. Abdi Asmaul Amrin/KENDARI POS

“Selain lapangan Lakidende, terdapat dua item sarana olahraga yang sedang di rehab. Kolam renang KONI dan GOR Apriyani Rahayu. Untuk anggaran rehab kolam renang KONI dan GOR masing-masing Rp 4 miliar lebih. Mudah-mudahan cepat selesai, sesuai yang ditargetkan,” kata Pahri Yamsul kepada Kendari Pos kemarin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sultra, Trio Prasetyo menerangkan, stadion Lakidende sudah mulai direhab pada bagian tribun utara lapangan atau tempat duduk penonton. “Jenjang waktu rehab ini akan terus bergulir hingga tahun 2022. Ini bagian dari persiapan mencetak atlet sepak bola yang kompetitif untuk membawa dan mengharumkan Sultra di level nasional hingga mancanegara,” kata Trio Prasetyio.

Mantan sekretaris DPRD Sultra itu menjelaskan, rehab stadion Lakidende, kolam renang KONI dan GOR Apriyani Rahayu, juga untuk menghadapi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Hal itu sudah diteken Presiden Joko Widodo melalui Perpres nomor 86 tahun 2021. DBON sebagai panduan dan pedoman dalam pembinaan prestasi olahraga.

“Dalam DBON nanti terdapat 14 cabang olahraga. Putera dan puteri daerah akan diseleksi untuk mewakilo Sultra di level nasional. Output akhirnya nanti persiapan di ajang olahraga Asean, Asia hingga internasional seperti olimpiade,” tandasnya. (b/ali)

Proyek Sarana Olahraga

  1. Stadion Lakidende
    -Anggaran Rp 30 Miliar
    -Masa Pengerjaan Hingga 2022
  2. Kolam Renang KONI
    -Anggaran Rp 4 Miliar
    -Ditargetkan Rampung Akhir 2021
  3. GOR Apriani Rahayu
    -Anggaran Rp 4 Miliar
    -Ditargetkan Rampung Akhir 2021