Peserta seleksi CPNS Pemkab Muna yang tengah melakukan registrasi sebelum memasuki ruangan SKD

KENDARIPOS.CO.ID– Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Muna, berakhir, Sabtu, 2 Oktober. Peserta kini tinggal menunggu hasil perangkingan berdasarkan nilai passing grade yang akan dirilis Badan Kepegawaian Nasional.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian dan Pengembangab Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Andi Mapitumba mengatakan pelaksanaan SKD yang digelar mulai Selasa, 28 September hingga Sabtu, 2 Oktober lalu diikuti 1.598 orang. Terdapat 120 peserta tidak hadir tanpa konfirmasi kepada panitia seleksi daerah.

“Tes berjalan lancar. Ada peserta yang tidak hadir dan mereka dianggap gugur,” jelasnya.

Ia menambahkan, tahapan selanjutnya, perengkingan nilai hasil SKD. Dalam tahapan tersebut, peserta yang masuk tahap seleksi kompetensi bidang (SKB), sebanyak tiga kali dari jumlah formasi, berdasarkan nilai tertinggi. Adapun nilai passing grade dalam SKD itu antara lain nilai minimum Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 166, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65.

“Bila dalam formasi, banyak peserta lulus passing grade. Maka yang masuk SKB, dilakukan perengkingan dan jumlahnya tiga kali dari formasi. Kelulusan passing grade tidak menjamin bisa mengikuti tahap SKB,” katanya.
Ia mengatakan nilai kumulatif dari tiga jenis tes itu ialah 311.

Perengkingan tersebut murni dilakukan oleh Badan Kepegawaian Nasional. Peserta yang akan diumumkan mengikuti SKB sebanyak 168 orang atau tiga kali jumlah formasi. Jadwal pengumuman sendiri belum diketahui. “Formasi CPNS yang diperebutkan 56 kuota. Kita berharap semua terisi,” pungkasnya. (ode/b)