Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si (tengah) bersama jajarannya. (FHIL UHO FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.CO.ID– Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) melanjutkan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan pengelolaan lingkungan. Fakultas yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si itu kembali berpartisipasi dalam ajang Ul GreenMetric Award UHO tahun 2021 yang diselenggarakan Universitas Halu Oleo.

Ajang tersebut diselenggarakan untuk melihat tingkat keberlanjutan pengelolaan lingkungan hidup masing-masing fakultas berdasarkan enam indikator keberlanjutan. Indikator tersebut meliputi Penataan dan Infrastruktur Kampus, Energi dan Perubahan klim, Pengelolaan Sampah, Penggunaan Air, Transportasi, Pendidikan dan Penelitian. Pengisisan kuesioner UI GreenMetric Award UHO dimulai sejak tanggal 7 Oktober dan
berakhir pada tanggal 15 Oktober 2021.

“Target FHIL UHO pada ajang Ul GreenMetric Award UHO tahun 2021 ini adalah menjadi juara,” ujar Prof. Aminuddin, kemarin.

Dijelaskan, berbagai bukti fisik dari setiap indikator telah diperbaiki agar lebih baik dari
tahun sebelumnya. FHIL didorong untuk menjadi fakultas teladan dalam hal keberlanjutan lingkungan hidup sesuai dengan visinya yaitu Menjadi Fakultas yang Unggul di Asia Pasifik pada Bidang Kehutanan dan Lingkungan Berbasis Restorasi Ekologis pada Wilayah Perdesaan, Pesisir dan Pulau-Pulau
Kecil Tahun 2045.

“Semua komponen pendukung penilaian Ul
GreenMetric 2021 ini telah kami siapkan dari jauh hari sebagai implementasi hasil evaluasi dari pelaksanaan UI GreenMetric tahun 2020 silam. Dengan prinsip kebersamaan yang selama ini kami terapkan sesuai motto FHIL ‘Bersama Kita Bisa, Dari Kita Untuk Semua’, kami yakin kerja keras kami akan membuahkan prestasi di dalam penilaian UI GreenMetric 2021,” pungkasnya.

Dekan FHIL juga telah mencanangkan penggunaan sepeda di lingkungan kampus kepada seluruh unsur pimpinan FHIL UHO untuk mendukung pengurangan emisi karbon yang menjadi salah satu penyebab perubahan iklim.

Dalam menyukseskan kegiatan UI GreenMetric 2021, Dekan FHIL membentuk tim khusus yang diketuai oleh La Gandri, S.Pd., M.Si selaku Kepala Laboratorium Perencanaan, Sistem Informasi Pengelolaan Hutan dan DAS.

“Kuesioner yang telah diisi oleh tim kami telah dikirim tepat waktu kepada panitia. “Untuk kuesioner UI GreenMertic 2021 ini telah kami kirim sesuai dengan batas waktu yang telah diberikan kepada panitia, tinggal menunggu waktu penilaian saja dari panitia,” ujarnya.

Kata dia, ketersediaan bukti fisik dari setiap indikator keberlanjutan sudah banyak yang ditingkatkan. Untuk konservasi air, pihaknya telah banyak menambahkan lubang resapan biopori yang juga merupakan bagian dari praktikum mahasiswa FHIL UHO.

“Demikian juga untuk pengolahan sampah plastik, kami sudah menerapkan aquaponik dari botol bekas air mineral. Pada ruang terbuka hijau, fakultas kami sangat intens melakukan penanaman pohon serta melakukan perawatan yang baik kepada pohon-pohon yang telah tumbuh,” pungkasnya.

Ul GreenMetric Award UHO 2021 merupakan adaptasi dari Ul GreenMetric World University Rankings. Dikutip dari laman Universitas Indonesia, UI GreenMetric merupakan inovasi Universitas Indonesia (UI) yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemerintahan perguruan tinggi pertama di dunia yang berbasis komitmen pengelolaan lingkungan hidup di kampus. (uli)