Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa

KENDARIPOS.CO.ID– Sarana dan prasarana pendukung pada kawasan Mayor Project Sentra Kakao di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), terus dibangun bertahap. Saat ini, pembangunan gedung pemasaran dan cafe sedang dalam pengerjaan dan diterget tuntas tahun ini juga.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, menjelaskan, gedung yang sementara dibangun di sektor selatan kawasan tersebut, selain sebagai kantor pemasaran, juga untuk cafetaria. Anggaran pengerjaannya tetap disuplai dari APBN sekitar Rp 1,2 miliar. “Tuntas tahun ini juga. Ukurannya sekitar 12 X 25 meter,” ujar Ismail Mustafa, Minggu (17/10).

Pembangunan fasilitas di kawasan tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan anggaran dari pusat. Diantara yang berada di sektor utara berupa pembangunan sentra pendidikan, termasuk laboratorium. Sesuai master plan yang ada, untuk sisi selatan berupa gedung pengolahan kakao, zona tengah merupakan pembibitan, kebun kunjungan dan lain-lain, serta di utara sebagai wilayah pusat pendidikan. Sejauh ini, bangunan yang telah terbangun yakni gedung fermentasi dan pengolahan biji kakao.

Kata Ismail, banyak masyarakat yang belum memahami jika sarana yang ada saat ini sudah dianggap final. Padahal, dalam kawasan tersebut masih banyak yang akan dibangun termasuk penyiapan sumber daya manusia (SDM). “Ini baru awal. Pembangunannya memang bertahap karena bergantung pencairan dana dari Pemerintah Pusat, karena ini proyek kementerian,” paparnya.

Ketika penyiapan seluruh sarana dan prasarana di kawasan kakao centre tuntas, semua unit kerja juga akan dilengkapi. Apalagi kata Ismail, hasil panen dari revitalisasi kakao secara perlahan juga mulai menunjukkan hasil yang baik. (c/rus)