HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
PEMUDA KREATIF : Wakil Bupati Konut, H. Abuhaera ketika memawakan sambutan dalam upacara peringatan hari Sumpah Pemuda kemarin di lingkup Pemkab.

KENDARIPOS.CO.ID–Momentum hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun pada 28 Oktober 2021 ini, jangan hanya dimaknai sebagai acara seremonial semata. Pemuda harus mengisi dengan hal-hal positif yang visioner dan kreatif dalam menumbuhkembangkan semangat perjuangan kaum tersebut.

Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), H. Abuhaera. “Semangat sumpah pemuda harus menjadi momentum untuk bersatu dan bangkit menghadapi keterpurukan serta menyongsong kemajuan bangsa. Apalagi di tengah pandemi ini, mesti memberikan dampak luas bagi seluruh sendi kehidupan masyarakat.

Makanya semangat pemuda sangat dibutuhkan untuk membangkitkan kembali Indonesia di mata dunia,” kata Abuhaera, kemarin saat menjadi Pemimpin Upacara hari Sumpah Pemuda lingkup Pemkab Konut.

Menurut mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut itu, prioritas pengembangan kepemudaan pada berbagai sektor telah diamanahkan undang-undang nomor 40 tahun 2009 melalui kewirausahaan, kepemimpinan, kepeloporan dan peningkatan kreativitas.

Hari sumpah pemuda ke-93 tahun ini mengusung tema, “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”, masih tetap relevan dengan situasi dan kondisi sekarang. “Semangat persatuan itu sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengatasi pandemi Covid-19. Sekaligus bangkit bersama untuk menyongsong kemajuan bangsa. Bersatu berarti kita harus bergerak bersama, bergotong royong dan mengedepankan persamaan antar sesama anak bangsa,” sambung mantan Camat Wiwirano itu.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Ketua DPRD, Ikbar, Sekretaris Kabupaten, H. M. Kasim Pagala, Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum, serta pimpinan OPD, para abdi negara hingga pelajar dan organisasi kepemudaan di Bumi Oheo. (c/min)