Suasana pelaksanaan lomba robotik di SMKN 4 Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID– Menyambut hari jadi ke-26 yang jatuh tanggal 30 Oktober mendatang, SMKN 4 Kendari menggelar berbagai lomba akademik mulai tanggal 23 hingga 24 Oktober. Kegiatan tersebut, meliputi lomba robotik, melukis dinding, dan lomba kebersihan.

Kepala SMKN 4 Kendari, Dr. Herman, M.Pd., mengatakan nernagai lomba tersebut bermaksud menumbuhkan semangat dan motivasi siswa untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang pengetahuan.

“Ini sebagai pelecut semangat bagi para siswa yang selama dua tahun lebih ini merasa sangat jenuh akibat pembelajaran online. Lomba ini juga meningkatkan kembali semangat belajar mereka karena siswa pasti akan merasa jenuh, jika awal masuk sekolah lansung melakukan pembelajaran rutin seperti biasa,” ungkap Herman, Minggu (24/10).

Teperpenting adalah berbagai lomba yang melibatkan siswa ini juga mampu meningkatkan kompetensi para siswa yang harus terus diasah. Salah satunya dengan melakukan kegiatan lomba akademik. Melalui ajang ini, kemampuan dan kualitas siswa dapat diukur sehingga kedepan pihak sekolah telah mengetahui apa yang harus diperbaiki dan diberikan pada siswa.

Lanjut Herman, penyelenggaraan lomba juga terkait dengan penyambutan hari ulang tahun sekolah yang dilaksanaka setiap tahunnya.

“Selama kurang lebih dua tahun kita tidak adakan lomba, akibat kondisi pandemi Covid-19. Barulah tahun ini kita adakan kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun sekolah. Pastinya kita akan buat semeriah mungkin, dengan tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan,” jelasnya.

Selain lomba akademik, ada juga pameran yang diadakan tanggal 30 Oktober mendatang. Dimana dalam kegiatan pameran tersebut, pihak sekolaj akan memamerkan hasil produksi setiap jurusan di SMKN 4 Kendari.

“Nantinya kita akan mengundang Gubernur Sultra, Kapolda Sultra dan Kadis Dikbud Sultra untuk hadir dalam pameran. Ini sebagai bentuk persembahan dan sebagai bukti bahwa SMKN 4 Kendari merupakan sekolah yang berkualitas dan bermutu, dengan memamerkan hasil karya terbaik siswa di pameran nanti,” tutup Herman yang juga finalis Guru Idola Kendari Pos ini. (ilw/b)