HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
TARGET NILAI BAIK : Bupati Konut, H. Ruskamin ketika membuka kegiatan pendampingan dan penguatan dalam penerapan SAKIP tahun 2021 yang digelar Bappeda, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID– Pendampingan dan penguatan dalam penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah (SAKIP) tahun 2021 dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Langkah tersebut merupakan persiapan desk evaluasi SAKIP oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Bupati Konut, H. Ruksamin, mengatakan, melalui kegiatan pendampingan dan penguatan SAKIP, diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat meraih predikat SAKIP yang lebih baik. Makanya, SAKIP akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kinerja OPD. Bupati dua periode itu memberikan beberapa penegasan dalam pendampingan dan penguatan terhadap pimpinan OPD. Diantaranya, meningkatkan komitmen para pimpinan dalam pembangunan SAKIP dengan memantau kinerja berkala.

Kemudian, rekomendasi untuk mereview kembali kualitas perencanaan yang ada dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), rencana strategis (Renstra), perjanjian kinerja (PK) dan indikator kinerja utama (IKU) kepala daerah.

“Termasuk meningkatkan kualitas penyajian informasi dalam laporan kinerja di OPD, dengan analisis yang memadai terkait penyebab tidak tercapainya target kinerja,” tegasnya, Kamis (7/10).

Kegiatan itu sendiri berlangsung dua hari, hingga 8 Oktober 2021, hari ini dan diikuti seluruh Kepala OPD, Kabag dan Admin masing-masing instansi. Saat membuka kegiatan, Konut-1 itu turut didampingi Wakil Bupati, H. Abuhaera dan Sekretaris Kabupaten, H. M. Kasim Pagala bersama Asisten Deputi KemenPAN- RB RI, Akhmad Hasmy melalui Kabag RB dan Akuntabilitas Kinerja Biro Organisasi Pemprov Sultra, Erna Masiha, melalui zoom meeting. (b/min)