KAMALUDDIN/KENDARI POS
UPDATE DATA : Diskominfo Konsel menggelar pelatihan elektronik statistik untuk mendukung penerapan aplikasi pembaharuan data pada enam OPD.

KENDARIPOS.CO.ID–Pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) mulai diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo), pelatihan elektronik statistik (e-Statistik) digelar untuk mendukung penerapan aplikasi tersebut.

Terbaru, ada enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, serta Dinas Kesehatan, mengikuti kegiatan itu.

Kepala Diskominfo Konsel, Anas Mas’ud, menjelaskan, aplikasi e-Statistik merupakan bagian dari implementasi program kerja Bupati Konsel, H. Surunudin Dangga dan Wakil Bupati, Rasyid dalam mewujudkan pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik.

“Melalui aplikasi e-Statistik ini, bupati berharap setiap OPD dapat menyajikan data secara online dan diakses secara real time yang tentunya difasilitasi Diskominfo. Termasuk terintegrasi dengan pihak Badan Pusat Statistik (BPS) dalam permintaan data sesuai kebutuhan,” ungkap Anas Mas’ud, kemarin.

Demi meningkatkan kompetensi dalam penginputan data survei bagian sektoral, Diskominfo Konsel mengadakan pelatihan bagi admin website OPD. “Pelatihan ini fokus pada peningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keahlian para admin OPD, dengan harapan mereka mampu menginput data dan mengelola e-Statistik secara baik dan benar,” sambungnya

Selain itu, harapan Bupati Konsel, H. Surunuddin, dengan pengelolaan e-Sektoral yang mumpuni, maka pada setiap OPD diperoleh data akurat, mutakhir, terpadu serta mudah diakses. Selanjutnya bisa diintegrasikan dengan kebutuhan data kabupaten dalam angka yang dikelola BPS Konawe Selatan. “Sebelumnya, kami juga telah komunikasikan dengan BPS untuk persiapan penarikan data pada 2022 mendatang. Dengan harapan data yang tersaji memiliki kesamaan dan mendapatkan hasil berkualitas,” tambah Anas Mas’ud. (c/kam)