Rupbasan Amankan 19 Ton BBM Titipan Kejari – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Rupbasan Amankan 19 Ton BBM Titipan Kejari

KENDARIPOS.CO.ID — Meski diancam hukuman yang berat, masih saja ada oknum yang nekat menyelundupkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kendari, tersimpan 19 ton atau tepatnya 19.520 liter bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Sebagian besar hasil tangkapan Polairud Polda Sultra yang kini titipan kejaksaan negeri (Kejari).

“Dalam Rupbasan kita mengamankan semua jenis BBM, totalnya kurang lebih 19 ton, yang paling banyak diselundupkan adalah solar sama minyak tanah. Rata-rata BBM subdisi itu merupakan tangkapan Polairud Polda Sultra yang saat ini masih berproses hukum,” kata Kasubsi Administrasi dan Pemeliharaan Rupbasan Kelas I Kendari Kamaruddin, Senin (11/10).

Kamaruddin menjelaskan, Rupbasan mempunyai kewajiban merawat semua barang titipan dari 17 Kabupaten atau Kota di Sultra sambil menunggu hasil akhir proses hukumnya. “Ketika divonis tergantung pada putusan hakim yang akan kami jalankan apakah dikembalikan kepada pemiliknya atau dirampas untuk negara atau dirampas untuk dimusnahkan,” ungkapnya.

Belasan ton bahan bakar minyak yang diamankan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kendari. I NGURAH PANDI SENTOSA/KENDARI POS

Saat ditanya secara detail, dirinya belum memerinci jumlah masing-masing jenis BBM subsidi tersebut. Dirinya hanya menyebut BBM yang diamankan berupa minyak tanah, solar, dan premium. Dari ketiga jenis tersebut, BBM subsidi yang banyak dititipkan di Rupbasan Kendari jenis solar dan minyak tanah.

“Yang ada di sini semua rata-rata dari Polairud. Tangkapan yang paling banyak dititipkan di sini itu dari Polairud karena rata-rata penyelundupan dari jalur laut dan berhasil digagalkan oleh Polairud,” katanya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy