KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan umum daerah (Perumda) dengan beragam unit usahanya sebagai salah satu penopang kesejahteraan masyarakat dan daerah. Misi itu dapat diraih Perumda dengan menciptakan lapangan kerja baru melalui investasi. Di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Perumda Konasara diharapkan dapat membawa perubahan dalam menciptakan iklim investasi dengan memanfaatkan semua potensi usaha yang dapat menambah pundi-pundi pendapatan daerah.

“Pemerintah Daerah menyadari untuk menciptakan lapangan kerja, kuncinya hanya satu, yakni melalui investasi. Untuk meningkatkan itu dibutuhkan penciptaan iklim investasi yang sehat dan kondusif sesuai dengan arahan presiden, dengan melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),”kata Bupati Ruksamin saat melantik Direksi dan Dewas Perumda Konasara, Rabu (27/10).

Adapun struktur Direksi Perumda Konasara yang dilanti Bupati Konut, Ruksamin adalah Yusran Taridala sebagai Direktur Utama Perumda, Asruddin sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran, serta Hartian sebagai Direktur Administrasi dan Keuangan.

Bupati Konut Ruksamin (kanan) melantik Yusran Taridala (kiri) sebagai Direktur Utama Perumda Konasara, Rabu (27/10). HELMIN TOSUKI / KENDARI POS

Selain jajaran direksi, Bupati Ruksamin melantik Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Konasara. Majenuddin sebagai Ketua Dewas dan Marthen Minggu sebagai anggota Dewas Konasara. Terbentuknya Perumda yang baru

Alumni FTI UMI Makasar menjelaskan penciptaan investasi yang sehat tentunya dapat membangun sinergi dengan BUMN, BUMD dan swasta dalam bersinergi, kerjasama yang sehat dan saling menguntungkan pada unit-unit usaha yang telah direncanakan Perumda Konasara.

“Ini dapat dimaknai dalam mendukung perekonomian daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Konut pada umumnya dan peningkatan laba melalui penerimaan unit-unit usaha Perumda,”ujarnya.

Perumda dibentuk berdasarkan peraturan daerah Konut nomor 6 tahun 2021 dan peraturan bupati nomor 29 tahun 2021 yang merupakan pelaksanaan dari peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang badan usaha milik daerah (BUMD).

Bupati Ruksamin meminta Direksi Perumda Konasara menata organisasi. Sebut saja, mengatasi kelemahan internal dan memperbaiki sistem manajemen organisasi. Kemudian, memaksimalkan kekuatan internal dengan lebih fokus pada usaha yang berprospek tinggi, memperluas pasar serta mencari tenik produksi baru. “Serta mengatasi ancaman eksternal dengan memperbaiki mutu produk dan jasa serta memaksimalkan peluang eksternal melalui upaya kerjasama yang saling menguntungkan,” ungkapnya.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Konut itu tak luput menegaskan Dewas Perumda Konasara dalam melakukan tanggungjawab pengawasan terhadap direksi Perumda. Hadir dalam pelantikan Direksi dan Dewas Perumda, Wakil Bupati Konawe Utara Abuhaera, Wakil Ketua I DPRD Konawe Utara, Made Tarubuana, Forkopimda, Sekretaris Daerah Konut, Kasim Pagala, sejumlah pimpinan bank cabang dan perwakilan perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Konut. (min/b)

Ruksamin Minta Direksi Perumda Konasara Menata Organisasi