LA ODE ALFIN / KENDARI POS
DIPERJUANGKAN DIBENAHI: Kondisi Pasar Wakuru yang dilalap si jago merah, 5 Oktober lalu. Anggota DPD RI Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan berjuang untuk memperbaikinya setelah menemui pedagang.

KENDARIPOS.CO.ID– Kasus terbakarnya lods milik pedagang di Pasar Wakuru, Kabupaten Muna, Selasa (5/10) malam lalu membuat Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan tergugah. Anggota Komite II DPD RI Dapil Sultra itu terpanggil untuk memembantu mengobati duka para pedagang yang kehilangan kios-nya.

Dari Jakarta, ia bertolak ke Kabupaten Muna, akhir pekan lalu untuk menemui pedagang yang tertimpa musibah. Ia didampingi Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ir.Ridwan Bae memberi penguatan moril kepada pedagang sebagai bentuk kepedulian kepada konstituennya.

Rabia meminta pedagang bersabar, sebab ia masih berjuang mencari solusi terbaik bersama pemerintah daerah maupun pemerintah pusat melalui kementerian terkait. “Insya Allah kita akan bersama memperjuangkan agar pasar ini segera dibenahi, mengingat mayoritas pedagang sangat bergantung dari pendapatannya di pasar ini,” ungkap Rabia kepada para pedagang didampingi Darmansyah selaku Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Muna.

Sebagai anggota Komite II DPD RI, Rabia Al Adawia bermitra dengan Kementerian Perdagangan. Penyandang gelar magister alumni Leeds Backet University United Kingdom (UK), Inggris itu segera berkomunikasi dengan kementerian terkait. “Kami minta Pemda Muna segera menyiapkan data pendukung teknis yang dibutuhkan.

Saya bersama Pak Darmansyah akan mengurus ini, tentunya atas restu Bupati Muna. Semoga dimudahkan mendapatkan izin mendirikan bangunan kembali. Entah itu akan membangun ulang atau merenovasi,” ucapnya.

Dukungan perbaikan Pasar Wakuru juga datang dari Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ir. Ridwan Bae. Mantan Bupati Muna dua periode itu mendukung langkah-langkah strategis guna membantu perbaikan pasar. “Kita ada kolega di Komisi yang menangani ini. Semoga juga Kementerian Perdagangan dapat membantu, apalagi ada Rabia yang juga memiliki hubungan kerja dengan kementerian tersebut. Semoga ini bisa cepat teratasi,” ujar mantan Ketua DPD I Partai Golkar Sultra itu.

Di tempat itu, Kepala Disperindag Muna, Darmansyah mengatakan pihaknya telah mendata pedagang yang terdampak kebakaran dan segera berkoordinasi untuk membuat lapak-lapak sementara bagi pedagang. “Ketika data pedagang telah valid maka kita akan segera koordinasi untuk perbaikannya. Semoga dana siap pakai dalam kondisi darurat bisa dicairkan untuk membantu pedagang,” ujar Darmansyah. (ode/b)