Ilustrasi

KNDARIPOS.CO.ID– Pemkab Bombana bertekad mewujudkan sebagai kabupaten layak anak (KLA). Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) setempat getol mengadvokasi pelayanan ramah anak puskesmas (PRAP) di setiap Puskesmas.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A, Hj.Husnayaeni menjelaskan untuk mempercepat terwujudnya KLA, harus didukung dengan pembentukan Kecamatan Layak Anak, Puskesmas Ramah Anak dan Sekolah Ramah Anak. Program KLA merupakan program pemerintah pusat di kabupaten sehingga semua stakeholder harus berkontribusi untuk menyukseskan program itu.

Setiap Puskeas di Bombana diharapkan bisa memenuhi hak kesehatan anak, serta memahami langkah-langkah membangun Puskesmas yang ramah anak. Katanya, pihaknya butuh dukungan kepala Puskesmas se-Bombana guna mendukung percepatan pengembangan KLA.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Poleang, Muh. Hatta,SKM mengatakan, setiap indikator khususnya mengenai pelayanan ramah anak telah dilakukan, baik secara administrasi maupun kegiatan yang bisa mendukung terwujudnya Puskesmas ramah anak.
“Kita sangat mendukung terwujudnya KLA di Bombana. Untuk itu, seluruh unsur yang berkaitan dengan indikator terwujudnya KLA di Puskesmas kita upayakan untuk terus diwujudkan,” pungkasnya. (idh/c).