DOK.ELYN IPO/KENDARI POS
TERPUSAT : Gubernur Sultra, Ali Mazi (kedua dari kiri) bersama Bupati Buton, La Bakry (kiri) ketika meninjau rencana lokasi stadion untuk helatan Porprov pada awal tahun 2021 ini. Kini, pembangunan GOR dipindahkan di kawasan Takimpo.

KENDARIPOS.CO.ID– Persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sejak 2020 lalu. Pematangan lahan untuk pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) pada sisi kiri perkantoran bupati di kawasan Takawa dimulai. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyanggupi dana pembangunan infrastruktur olahraga itu. Belakangan, lokasi GOR ternyata dipindahkan.

Kepastian pemindahan lokasi itu disampaikan Bupati Buton, La Bakry. Ia menjelaskan, pemindahan lokasi pembangunan GOR itu sudah melalui diskusi bersama pihak Pemprov. Bahkan bupati menyebut jika Gubernur Sultra, Ali Mazi, menginginkan venue olahraga dibangun terpusat pada kawasan Stadion Takimpo. “Dipusatkan saja biar lebih mudah ditata. Jadi di Takimpo, lahannya sudah siap juga, mau dibangun dalam waktu dekat,” katanya, kemarin.

Sementara lahan GOR yang dipilih sebelumnya pada sisi kiri kompleks perkantoran Takawa dialihkan menjadi lahan pembangunan mall pelayanan publik. “Itu kita sudah alihkan, posisi lahannya kan sudah siap bangun. Tahun depan dianggarkan (mall pelayanan publik),” sambung Buton-1 tersebut.

La Bakry menambahkan, untuk venue olahraga yang menjadi tanggung jawab Pemkab Buton sebagian besar sudah dimulai pembangunannya. “Sudah ada beberapa, lapangan depan kantor DPRD Buton, depan Takawa juga sementara dikerja. Kemudian jalan ke stadion sudah hampir selesai itu, tinggal diaspal saja,” terangnya. (c/lyn)