Upacara HUT ke-76 TNI di Rujab Gubernur Sultra yang dipimpin Gubernur Ali Mazi. Dihadiri Wagub Sultra Lukman Abunawas, Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, Danlanud Haluoleo, Kolonel Pnb Andy F. Picaulima, Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, dan seluruh unsur Forkompimda, Selasa (5/10).(KOMINFO SULTRA FOR KENDARI POS)

–Helikopter Kepresidenan Meriahkan HUT ke-76 TNI
–Ali Mazi : TNI Semakin Profesional, Disiplin, dan Militan


KENDARIPOS.CO.ID– Peringatan HUT ke-76 TNI di Kendari terasa istimewa. Tiga helikopter kepresidenan terbang di langit Kendari. Bukan perkara mudah menerbangkan helikopter kepresidenan. Butuh izin dan prosedur berjenjang. Dua helikopter Super Puma dan satu Caracal terbang di atas Rujab Gubernur Sultra. Meskipun terbang hanya sekali, namun kehadiran tiga helikopter istimewa itu sangat memukau masyarakat Kendari dan peserta upacara HUT TNI, kemarin.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dan unsur Forkopimda Sultra mengikuti peringatan HUT ke-76 TNI tahun 2021 secara nasional yang digelar virtual. Di Rujab Gubernur, peringatan HUT TNI dilaksanakan terbatas karena pandemi Covid-19.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan TNI merupakan perangkat negara yang merupakan ujung tombak dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “TNI semakin profesional, disiplin, militan dan rendah hati, serta dapat senantiasa mengawal NKRI menuju Indonesia Maju. Bersatu, berjuang, kita pasti menang untuk Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” ujar Ali Mazi usai upacara HUT TNI di Rujab Gubernur, Selasa (5/10) kemarin.

Gubernur Ali Mazi mengapresiasi sinergisitas TNI kepada pemda di Sultra. TNI selalu hadir bersama pemda dalam pembangunan daerah. Gubernur Ali Mazi meyakini profesionalitas TNI dapat mendorong percepatan pemerataan pembangunan di Sultra. Peran TNI tidak sebatas operasi militer, tetapi juga dalam kegiatan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan sosial kemanusiaan lainnya. TNI senantiasa hadir dalam penanganan bencana alam dan non alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19.

“Pemerintah daerah di Sultra, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota berkomitmen untuk selalu mendukung berbagai langkah dan upaya memaksimalkan pelaksanaan peran strategis TNI,” tegas Ali Mazi.

Dukungan itu dibuktikan dengan penyerahan hibah lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sekira 106 hektare kepada TNI AD melalui Korem 143 Halu Oleo. “Lahan ini disiapkan untuk mendukung rencana pembentukan Korem baru di wilayah kepulauan. Dengan terbentuknya Korem di kepulauan, ke depan dapat terbentuk pula sebuah komando daerah militer (Kodam) yang baru,” jelas Ali Mazi.

Gubernur Sultra dua periode itu meyakini, dengan sinergisitas Pemda dan Korem, bakal memberi dampak positif berkelanjutan. Bahkan akan mendorong percepatan pemerataan pembangunan di jazirah Sultra. “Dukungan tersebut dapat mendorong percepatan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sultra dan berimplikasi positif bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan berkeadilan sosial,” tegas Ketua DPW Nasdem Sultra itu.

Mewakili Pemkab Buton, Bupati Buton La Bakry menghibahkan lahan kepada TNI AD. Nantinya di atas lahan hibah itu, akan dibangunkan Markas Korem baru dan beberapa infrastruktur TNI AD di bawah naungan Kodam. Lahan tersebut tersebar di tiga kecamatan yakni 50 hektare di Kecamatan Siontapina, 26 hektare di Kecamatan Wabula dan 30 hektare di Kecamatan Pasarwajo.

“Hibah lahan ini guna mendukung pertahanan nasional TNI di wilayah kepulauan. Terlebih nantinya dengan hadirnya Korem baru dan beberapa infrastruktur TNI AD akan memberi dampak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Buton,” kata Bupati Buton, La Bakry.

Komandan Korem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan pemerintah daerah di Sultra. Lahan yang diberikan Pemkab Buton bukan sekedar hadiah HUT ke-76 TNI tahun ini, namun juga wujud kepercayaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat di Sultra yang semakin kokoh. “Ke depannya, TNI semakin profesional guna menjaga keutuhan NKRI dan pembangunan daerah. Kecintaan TNI ke masyarakat akan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan menyebut beberapa daerah yang telah mendukung pembentukan Kodim di Sultra. Tahun 2020, Pemkab Kolaka Utara menghibahkan tanah seluas 19,06 hektare untuk pembangunan Kodim. Tahun 2021 ini, Pemkab Bombana juga menghibahkan lahan seluas 37 hektare untuk pembangunan markas Kodim dan asrama, dan 10 hektare untuk pembangunan Kompi Yonif 725. “Selanjut, Pemkab Muna Barat menghibahkan tanah sekira 92 hektare untuk pembangunan Kompi Yonif 725. Pemkab Konawe Utara menghibahkan lahan sekira 5,3 hektare untuk pembangunan Koramil Langgikima dan Koramil Lamonae,” rinci Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan.

Tahun 2020, Pemprov Sultra memberikan 50 unit sepeda motor pendukung operasional TNI. Selanjutnya tahun 2021, membantu pembangunan sarana pendukung berupa bangunan garasi, lapangan tenis, serta perbaikan lapangan apel Markas Korem. “Bagi kami, tentu ini tidak saja menggambarkan kepedulian pemda kepada TNI, namun tingginya harapan masyarakat dan pemerintah kepada TNI dalam membantu meningkatkan keamanan wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Ini tentu amanat yang harus terus ada dalam pundak kita,” pungkas Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan.

Untuk diketahui, upacara peringatan HUT TNI dihadiri Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Danrem 143 Haluoleo, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Andy F. Picaulima, Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, dan unsur Forkompimda Sultra lainnya. (ndi/rah/b)