ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
JALAN MULUS : Pekerjaan PHJD di Pulau Tomia yang akan diselesaikan pada akhir bulan Oktober ini, sesuai target awal.

KENDARIPOS.CO.ID– Dimulai sejak akhir Juli lalu, pekerjaan program hibah jalan daerah (PHJD) di Pulau Tomia dipastikan tuntas pada akhir Oktober ini. Hampir tiga bulan lamanya proses pengaspalan jalan sepanjang 16 kilometer, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi memastikan kegiatan tersebut akan selesai tepat waktu.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Wakatobi, Munawar, menjelaskan, proyek yang menyerap anggaran kurang lebih Rp 31 miliar itu memang harus diselesaikan tepat waktu. “Material pekerjaan memang telah disiapkan sebelum proses pengaspalan. Kendati sempat terhenti karena salah satu alatnya mengalami kerusakan, namun pekerjaan ini bisa berjalan lancar. Apalagi dalam kontraknya, harus tuntas hingga 28 Oktober 2021,” jamin Munawr, Rabu (13/10).

Sementara itu, sebagian pekerja PHJD di Pulau Tomia melibatkan warga lokal. Itu sesuai komitmen awal lembaga terkait saat sosialisasi dengan masyarakat setempat. “Untuk pekerja ada sebagian dari Tomia. Juga dari di luar daerah karena untuk warga lokal belum bisa melakukan pekerjaan tersebut. Mereka bekerja sesuai keahlian masing-masing,” tukasnya.

Untuk material, proyek PHJD menggunakan aspal panas atau hotmix. Program itu merupakan kuota ketiga untuk Kabupaten Wakatobi. Dua tahun sebelumnya difokuskan di Pulau Wangi-Wangi. (c/thy)